Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26806Kata Kunci:
Model CPS, Minat belajar matematika, Kelas V sekolah dasarAbstrak
Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap minat kelas V SD. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS terhadap minat belajar Matematika kelas V SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu, desain posttest only no treatment control design. Populasi yaitu seluruh kelas V SD sebanyak 8 kelas dengan total 324 siswa. Penentuan sampel penelitian teknik random sampling. Pengumpulan data metode non tes. Instrumen pengumpulan data yaitu kuesioner. Hasil analisis data (thitung =5,590 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = = 86) maka, H0 ditolak dan Ha diterima sehingga yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD.
Referensi
A, A. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Bekajar Siswa PAI. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659
Agung, I. G., Wulandari, A., Dantes, N., Tika, N., Dasar, P., Pasca, P., Universitas, S., & Ganesha, P. (2014). ( Studi Kasus Di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara ). 4(3), 1–10.
Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I4.10745
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pendahuluan Pembelajaran merupakan hasil dari memori , kognisi , dan metakognisi yang berpegaruh terhadap pemahaman ( Miftahul Huda , 2013 ). Pembelajaran merupakan suatu tra. 1, 81–90.
Amir, A., & Si, M. (n.d.). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. 72–89.
Asikin, M. & P. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sma Kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1), 37–45.
Bruno, L. (2019). Pengaruh Media Scrabbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Budi, P. (2006). Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Reliabilitas Dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.14710/jpu.3.1.1
Budiana, I. N., Sudana, D. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (Cps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Dian, L. (2018). Mama dan Arga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Kecandran 01.
Falah, I. F., & Abstract. (2014). Model Pembelajaran Tutorial Sebaya: Telaah Teoritik. 12(2), 175–186.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Font, V., Godino, J. D., & D’Amore, B. (2010). Representations in matematics education. An onto-semiotic approach. Jornal Internacional de Estudos Em Educação Matemática, 2, 58–86.
Fuadi Rahman, A., & Maslianti, M. (2015). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.631
Intan, J. (2019). (MGMP bwi) Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Smp Negeri. Jurnal Derivat, 6(1), 42–46. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/335
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. In B. Sari (Ed.), Model-Model Pembelajaran Matematika (1st ed.). Bandung: Bumi Aksara.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Nandasari, I. A., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-
Munnawar Tulungagung Tahun 2018 / 2019 Peserta Didik Kelas IV
Sekolah Dasar Islam Al-Munnawar Tulungagung Tahun 2018 / 2019.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1093/brain/awt103
Riwahyudin, A. (2013). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Riwahyudin, A. (2018). Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Pendidikan Dasar.
Roisum, D. R. (2000). Creative problem solving. TAPPI - Polymers, Laminations and Coatings Conference, 1, 277–287. https://doi.org/10.1002/9781118660584.ese0607
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sakaningsih, N., Asri, I. G. A. A. S., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD N 18 Dangin Puri. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.
Sari, A. D., Noer, S. H., & Lampung, U. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving ( CPS ). 245–252.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supardi. (2012). Statistika Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanti, E., Totiana, F., & Redjeki, T. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 123747.
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Wahyuni, S., Rahmad, M., Nasir, M., Education, P., & Program, S. (2016). Implementation of Creative Problem Solving Models in Dynamic Electrical To Improve the Generic Science Skill in Ten Grade of Sman 1 Tambusai Utara Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keteram. Physics Education Study Program Faculty of Teacher’s Training and Education University of Riau, 68, 1–12.
Widiani, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 11, 11(5), 62–73.
Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps). Prisma, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28
Widya, U., & Klaten, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. 101–110.
Yuli, E., Asmawati, S., Rosidin, U., Lampung, U., & Problem, C. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 6(2), 128–143.
zulyadaini, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 7(1), 83–93.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)