Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Kualitas BelajarAbstrak
Pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar masih belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang disiplin dalam melaksanakan pembelajaran serta masih banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran pelanggaran moral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan di kelas IV dan hasil dari implementasi pendidikan karakter disiplin pada pesera didik kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik non-tes yakni observasi dan wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara bahwa guru “memahami” terkait strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas IV. Hasil dari observasi guru dalam implementasi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dapat disimpulkan bahwa guru “memahami” pendidikan karakter disiplin kepada peserta didik, serta hasil dari observasi peserta didik dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki dampak “baik” dengan tercapainya tujuan mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dalam mendukung layanan kualitas belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran pada penerapan di kelas.
Referensi
Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(2), 247–255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 17977/jptpp.v4i2.12011.
Dewita, E., & Indrawadi, J. (2020). Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 12(1). https://doi.org/10.24114/ jupiis.v12i1.16411.g13235.
Ela, Nurhaidah, & Intan. (2017). Pemberian Punishment Yang Dilaksanakan Guru Di SD Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(d), 12–21. http://www.ejournal.kampusmelayu .ac.id/index.php/akademika/article/view/85/77.
Eliza, R., & Neviyarni. (2020). Perilaku Siswa yang Tidak Dikehendaki (Off Task Behavior) dan Penanganan Konselor. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/0.32505/syifaulqulub.v1i2.2465.
Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter Disiplin, Penghargaan, dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98. https://doi.org/ 10.17977/um 023v7i12018p93.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v 17n1a5.
Hartati, W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SD Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851 /jmksp.v2i2.1470.
Hidayati, N., Hakim, N., & Sulton, M. Z. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Rutin Untuk Menanamkan Nilai - Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa SD/MI. Jurnal of Islamic Elementary Education, 2(2). https://doi.org/10.51675/ jp.v2i2.104.
Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367.
Najmuddin, N., Fauzi, F., & Ikhwani, K. (2019). Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/ 10.30868/ei.v8i2.430.
Nurjannah, E., Masudi, M., Baryanto, B., Deriwanto, D., & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction, 3(2). https://doi.org/ 10.31539/joeai.v3i2.1381.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JUrnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pohan, I. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Keteladanan Oleh Guru Serta Implikasinya Bagi Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 054874 Desa Selayang Kecamatan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(2). https://jurnal. uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3561/2448.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49.
Rahmawati, E., & Hasanah, U. I. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. Indonesian Jurnal of Teacher Education, 2(1). https://journal.publication-center.com /index.php/ijte/article/view/262.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah / Madrasah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra IArab, 4(1), 72–94. http://jurnal. uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1467/1196.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279.
Sugiarto, W. (2019). Pendidikan Nilai Dan Masa Depan Bangsa. Jurnal Akademika, 15(2), 43–51. http://www.ejournal.kampus melayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/85/77.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.
Supiana, Hermawan, H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2), 193–208. https://doi .org/10.15575/isema.v4i2.5526.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10. 31004/edukatif.v3i1.251.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Jurnal Pendidikan, 4(1), 220–234. https://doi.org/10.30738/trihayu .v4i1.2119.
Syah, imam jihan. (2019). Metode pembiasaan sebagai upaya dalam penanaman kedisiplinan anak terhadap pelaksanaan ibadah. Journal of Childhood Education, 1(1). https://core.ac.uk/reader/268104460.
Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 7(2). http://e-jurnal.staibabussalamsula.ac. id/index.php/JUANGA/article/view/7.
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1). https://doi.org/ 10.30870/ucej.v2i1.2801.
Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 286–295. https://doi.org/ 10.21831/cp.v2i2.2168.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitia Pendidikan, 7(1). https://doi.org/ 10.36667/jppi.v7i1.357.
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1). https://doi.org/ /10.23887/jjpe.v9i1.19987.
Yusdiani, U. N., & Sulaiman, Y. S. (2018). Penanaman Budaya Disiplin Terhadap Peserta Didik Kelas VI Mis Guppi Laikang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7856.
Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/ 10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)