Kontribusi Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32224Kata Kunci:
Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi, Kinerja GuruAbstrak
Mulai menurunnya kualitas kenerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal seperti gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi yang dimiliki oleh seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan transformasional kepala kekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Dengan jumlah populasi penelitian 32 orang guru sekolah dasar. Teknik pengembilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total yakni menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan memberikan angket/kuisioner kepada sampel serta melakukan pencatatan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan teknik regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung =0,723 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 52%, terdapat kontribusi yang signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 0,735 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 54%, terdapat kontribusi yang sigmifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan nilai rhitung = 31,207 > rtabel = 0,361 dan kontribusi sebesar 68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru.
Referensi
Adzkiya, A. (2020). Sekolah dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru ( Studi Kasus Di Mts Ma ’ Arif Nu Kabupaten Banyumas ). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22. http://jp.feb. unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1772.
Ahmad, B. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 3(1), 90–97. https://doi.org/10.36709/jppg.v3i1.9133.
Akbar, L. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012.
Aninda, C. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah ( School Leadership ) dan Keadilan Distributif Terhadap Komitmen Organisasi : Studi Ex Post Facto Terhadap Guru SMP Negeri di Kabupaten Cirebon. Jurnal IMProvement, 5(4), 37–45. https:// doi.org/10.21009/Improvement.051.04.
Azizah, N. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Guru Pada SMK Abdurrahman Wahid Lamongan. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 240. https://doi.org/10.30742/equilibrium. v15i2.683.
B.K, T. M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(2), 364–384.
Benardi, A. I. (2018). Evaluasi Kompetensi Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Geografi dan IPS di SMP N 1 Karimunjawa, MTs dan MA NU Safinatul Huda Pulau Karimunjawa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 1–5. https://doi.org/10. 23887/jiis.v4i1.13905.
Fairy, N. L. N. P. O. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 125–131. https://doi.org/10.23887/japi. v10i2.2799.
Fraliantina, I. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 100. https://doi.org/10. 33222/juara.v1i2.24.
Gumilar, G. G. (2020). Organizational Commitments: Organizational Culture, School Head Leadership, School Environment, and Work Satisfaction. Jurnal Dimensi, 9(1), 48–56.
Handayani, E. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851 /jmksp.v6i1.3981.
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10. 17509/jpm.v3i1.9452.
Hayati, R. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 5(2). http://dx.doi.org/10.31851/jmksp. v5i2.3753.
Hersanti, D. W. (2020). Analisis Pengaruh Quality Of Work Life, Motivasi Berprestasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru. Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), Vol. 5, No(1), 1–7. https://i-rpp.com/index. php/jipk/article/view/1085.
Ideswal. (2019). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v4i2.381.
Imansyah, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 135. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3756.
Indrawan, K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd. v2i1.13897.
Juniarti, E. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108.
Lusiana, N. P. M. (2019). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 440. https:// doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. http://dx.doi.org/10.23887/ijee. v3i2.18517.
Nurfasicha, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mi Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Ibtida, Vol. 1 No(1), 67–89.
Oupen, S. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10. 23887/japi.v11i1.3167.
Prabu, A. A. A., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru Sma. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 113470. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2. 7491.
Prasetya, H. Y. (2020). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen Kerja Guru Terkait Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 116–124. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24407.
Prasetyono, H. (2020). Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 108–123. https://doi.org/ 10.21831/jamp.v8i2.28458.
Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/ 10.32528/jmbi.v4i2.1758.
Purwanto, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang. Jurnal Evaluasi, 4(1), 20. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.342.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467.
Rifa’i, A. A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4. http://dx.doi.org/10.4321/ ijemar.v4i1.4379.
Salihin. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sman Model Lombok Timur. Distribusi - Journal of Management and Business, 8(1), 39–52. https://doi.org/10.29303/ distribusi.v8i1.101.
Sitompul, M. K. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Organisasi Guru Pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri dan Swasta di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7.
Suarya, G. N. P. (2018). Studi Evaluasi Profesionalisme Guru Prakarya dan Kewirausahaan Ditinjau Persepsi Siswa XI MIA SMAN 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 20–30. http://dx.doi.org/10.23887/jjpte. v7i1.20217.
Tanjung, A. (2019). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Afektif Guru SMP Negeri di Wilayah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/ wahana/article/view/1450.
Trisnowati, W. M. (2019). Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Terhadap Komitmen dan Kinerja Guru. Jurnal Manjemen, 1(2), 2622–6367. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iq tisad/article/view/544.
Wahidin, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 151. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1274.
Wardoyo, T. (2018). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 194. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i2.3250.
Wasito, E. (2021). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Guru Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja di SMK Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/ index.php/JIIP/article/view/205.
Zulkarnaen, Z. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah, Gaya Kepemimpinan Transformasional, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/ jamp.v8i2.33867.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)