Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD

Authors

  • I Wayan Ardiana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja

Abstract

Komptensi professional guru dan motivasi kerja yang belum optimal berakibat pada kinerja guru yang belum optimal. Komptensi professional guru dan motivasi kerja merupakan factor yang mempengaruhi kinerja guru Komptensi professional guru adalah kemampuan guru dalam menguasai materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara kompetensi profesional guru dan kinerja guru, kontribusi antara motivasi kerja dan kinerja guru, kontribusi antara kompetensi profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SD. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang guru di SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur kompetensi profesional guru dan motivasi kerja dan dokumentasi untuk mencatat kinerja guru. Teknik yang digunakan menganalisis dalam penelitian ini adalah Teknik analisis korelaksional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara komptensi profesional guru terhadap kinerja guru dengan Fhitung = 6,73 > Ftabel = 4,20 dengan kontrubusi 19,4%, terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan Fhitung = 4,58 > Ftabel = 4,20 dengan kontrubsi 14,1%, dan terdapat kontribusi bersama yang signifikan antara komptensi profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan Fhitung = 3,67 > Ftabel = 3,35 dengan kontribusi 21,4%.  Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa komptensi profesional guru dan motivasi kerja memiliki kontribusi pada kinerja guru di SD.

Author Biographies

I Wayan Ardiana Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.

Aprilina Tarigan, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.34125/kp.v5i1.462.

Arafat, Y., Fitria, H., Profesional, K., & Guru, K. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. 9(1).

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02.

Farhah, A., Ahiri, J., & Ilham, M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.

Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sdlb Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877.

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55.

Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes, 6(1), 1–8.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik : Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Educaton Management and Administration Review, 3(1), 1–6.

Hasan, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 72–73.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33.

Kevin. (2017). Pendidikan manajemen perkantoran. 2(2), 10.

Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. Edukasi, 05(02), 149–170.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 11–20.

Retnadi, W., Hayu, R., Permanasari, A., Sumarna, O., Hendayana, S., Indonesia, U. P., Djuanda, U., & Barat, J. (2019). Studi Lapangan Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Field Study Development Of Teacher Professionalism in. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 87–92.

Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Smp. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 15. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.658.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Journal of Physical Education and Sports Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati Abstrak. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Sma. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69–78. https://doi.org/10.21009/pip.331.8.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681.

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927.

Setiawan, E. (2018). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru. 2(1), 43–58.

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.

Sulastri, S., Nurkolis, N., & Rasiman, R. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Mutu Sekolah Dasar Di Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(3), 167–171. https://doi.org/10.26877/jmp.v5i3.1984.

Supriyono, A. (2017). the Influence of Pedagogic, Professional Competency, and Work Motivation Onteacher Performance of Elementary School. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12.

Trianawati, R., & Etiyasningsih. (2018). Analisa Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kinerja Guru. Jendela Pendidikan JURNAL ILMIAH KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 55–70.

Wardany, D. K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 73–82.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23.

Downloads

Published

2021-03-24

How to Cite

Putra, I. W. A., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253

Issue

Section

Articles