Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pembagian di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.32613Kata Kunci:
Analisis, Matematika Realistik, Konsep PembagianAbstrak
Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Hal ini dialami siswa karena guru menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalis pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman siswa tentang konsep pembagian di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik analisis data penelitian yang sudah ada sebelumnya. Data yang dihimpun melalui data artikel dan jurnal. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, selanjutnya teknik yang dipakai adalah telaah pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara guru dan siswa sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dengan terjadinya interaksi, siswa dapat belajar mengungkapkan argumen dan memahami argumen orang lain sebagai pencocokan informasi. Pemahaman siswa tentang konsep pembagian yang diajar dengan penerapan matematika realistik lebih meningkat daripada dengan metode belajar konvensional. Penerapan matematika realistik terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang konsep pembagian juga disertai peningkaan kemampuan belajar matematika lainnya, antara lain: motivasi belajar matematika siswa, kepercayaan diri siswa terhadap matematika, dan kreativitas siswa dalam belajar matematika.
Referensi
Agusta, E. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Penggunaan Konteks dan Model Dalam PMRI. Jurnal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v3i2.23136.
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471.
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550.
Asriningtyas. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41.
Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687.
Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. Wahana Inovasi, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 104–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736.
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan dari Aspek Bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000.
Dewi, H. P., Fitri, E., & Minarti, E. D. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 949. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p949-956.
Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588.
Farida, B. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90.
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259. https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116.
Fitra, D. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.27.
Hagi, N. A., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning pada Muatan Matematika Kelas V SDN Salatiga 01. Jurnal Basicedu, 3(1), 53–59. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813.
Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663.
Harti, L. S., & Agoestanto, A. (2019). Analysis of Algebraic Thinking Ability Viewed from the Mathematical Critical Thinking Ablity of Junior High School Students on Problem Based Learning. Unnes Journal Of Mathematics Education, 8(2), 119–127. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i2.32060.
Hartini, H. (2020). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa STKIP Paris Barantai dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Datar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.33659/cip.v8i1.147.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106. https://doi.org/10.31186/jpmr.v3i2.6290.
Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 165–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.931.
Ismail, I. (2019). Perkembangan Kognitif pada Masa PertengahandDan Akhir Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.90.
Isti, Agoestanto, & Kurniasih. (2017). Analysis Critical Thinking Stage of Eighth Grade in PBL-Scaffolding Setting to Solve Mathematical Problems. Unnes Journal of Mathematic Education, 6(1), 52–62. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.12593.
Jeheman, Akuila, A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325.
Khaulani, F., Neviyarni, & Irdamurni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59.
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28568.
Lanya, H., Aini, S. D., & Irawati, S. (2020). Pelatihan Metode Jarimatika sebagai Alternatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.30653/002.202052.293.
Listiani, W. (2016). The Enhancement of Mathematical Critical Thinking Skills and Self-Efficacy at Senior High School Students through Learning-Based Problems contextual model. Journal of Mathematics Education, 1(2 July), 55–61. https://doi.org/10.31327/jomedu.v1i2%20July.48.
Maftukha, S. (2021). Metode Latihan Berjenjang sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Kependidikan Betara, 2(2). https://doi.org/10.48109/jkb.v2i2.88.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.
Marlina, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40 Kota Ternate. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5739288.
Marwan. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 9–18. http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/5638.
Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193.
Miftichatun Chanifah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 163–168. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.
Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454.
Mustaffa, N., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2016). The Impacts of Implementing Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics: A Review of Literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 6(12), 490–503. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v6-i12/2513.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.
Narwati, N. (2020). Penerapan Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang Siswa Kelas III MIN 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(1). https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i1.2046.
Oktapratama, R., Chrismastianto, I. A. W., & Hidayat, D. (2019). the Implementation of the Problem-Based Learning Method to Enhance Grade 7 Students’ Critical Thinking Skills in Learning Mathematics at SMP Holland Village Manado. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.994.
Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model PBL Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417.
Purba, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 237–243. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1797.
Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629.
Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673.
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Raufany, G., & Solfitri, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 2 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 19–22. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.36.
Retnaningsih, M., & Sugandi, A. I. (2018). The Role of Problem Based Learning Students’ Mathematical Critical Thinking Ability and Self-Regulated Learning. (JIML) Journal Of Innovative Mathematics Learning, 1(3), 256. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p256-267.
Sadyah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika tentang Perkalian dan Pembagian melalui Model Discovery Learning di Kelas II SDN Cijakan 2. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1). https://doi.org/10.30653/003.202171.161.
Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6240.
Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302.
Sari, N., & Suarni, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mmlalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal Elementary, 3(2). https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2425.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082.
Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Youtube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 443. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39333.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338.
Siriwat, R. (2017). Exploring Critical Thinking in a Mathematics Problem-Based Learning Classroom. Proceedings of the 40th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia, 70, 474–481. http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED589451.pdf.
Suardipa, I. P., & Handayani, N. N. L. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Kovariabel Bakat Numerik pada Siswa Kelas V SD Gugus Banyuning. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 5(1), 63–72. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/1465%0
Sunardi, S., & Yuliati, N. (2018). Improving the Students’ Critical Thinking Ability through Problem-Based Learning Model of Scientific Approach on “Linear Equation System of Two Variables” Learning Material. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(4), 53–57. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.4.8.
Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 5. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007.
Susdarwono, E. T. (2020). Penguasaan 4 (Empat) Prasyarat Dasar Aritmatika untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(2), 72–84. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1856.
Unaenah, E., Maemunah, S., Astuti, I. M., Insyirah, A., Putri, N. A., Rahma, S. B., & Muawanah, M. (2020). Analisis Kesulitan Pengolahan Data Kelas IV dengan Menggunakan Metode STAD. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1). https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.830.
Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The Impact of Problem-Based Learning Approach to Senior High School Students’ Mathematics Critical Thinking Ability. Journal on Mathematics Education, 6(2), 30–38. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2165.107-116.
Yanti, O. F., & Prahmana, R. C. I. (2017). Model Problem Based Learning, Guided Inquiry, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.120-130.
Yensy, N. A. (2020). Pelatihan Metode Perkalian Alternatif bagi Guru SD N 10 Pondok Kelapa. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 18(1), 35–46. https://doi.org/10.33369/dr.v18i1.11080.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)