Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32726Kata Kunci:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Model DDD-EAbstrak
Proses pembelajaran IPA belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif pada muatan IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu model DDD-E. Model pengembangan DDD-E memiliki empat tahapan utama diantaranya (1) decide/menetapkan (2) design/merancang tampilan (c) develop/mengembangkan (d) evaluation/revisi. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Validasi media bedasarkan uji para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian menggunakan 3 pesera didik untuk uji coba perorangan, dan 9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 94,6% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 87.5% dengan kategori tergolong baik. Uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 94.0% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji perorangan memperoleh skor sebesar 91.03% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88.68% dengan kategori tergolong baik. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E muatan IPA sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran multimedia interaktif dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran IPA secara mandiri.
Referensi
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Journal Of Education Technology, 4(1), 52. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V4i1.24091.
Agung, A. A. G. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain In Science Subjects On 6th-Grade. Journal Of Education, 5(1), 37–47. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jet.V5i1.32314.
Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. Usej - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. Https://Doi.Org/10.15294/Usej.V5i1.9650.
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i2.15488.
Bardi, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49–63. Https://Doi.Org/10.21831/Tp.V2i1.5203.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8, 261–272.
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V7i1.19969.
Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V5i2.8475.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terintegrasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1961–1970. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1136.
Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Sma/Ma. Pillar Of Physics Education, 9(April), 97–104. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/2521171074.
Gama, I. G. B. S., Mahadewi, L. P. P., & Jampel, I. N. (2016). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Sumber Daya Alam Dan Teknologi Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn 3 Banyuasri. Jurnal Edutech, 6(3), 1–10. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V4i3.8560.
Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. Https://Doi.Org/10.15294/Jpfi.V12i2.5018.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. Https://Doi.Org/10.21043/Elementary.V8i1.7417.
Hasri, H. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Pkn Smp. Jurnal Pendidikan Ips, 2(2), 109–114.
Havizul. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. Https://Doi.Org/10.31571/Sosial.V6i2.1202.
Ika W., & Tias, U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V1i1.13060.
Indahini, R. S., Sulton, & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digita Kelas X Smk. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Article/View/3730.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V3i2.8019.
Kariadnyani, K. E., Kd Suartama, I., Sumantri, M., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Pendidikan, J. T. (2016). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd, 4(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7467.
Karwati, N. P. R., Wiyasa, K. N., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, Viii(23), 189–196. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i3.16232.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 1–11. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2345.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2020). Media Pendidikan Manual Dan Digital. Ghalia Indonesia.
Kusumawati, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 263–271. Https://Doi.Org/10.25273/Pe.V5i02.289.
Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Viii. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology Ijcet, 6(2), 58–64.
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.3.1.1-10.
Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V3i2.7359.
Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas Viii Smp Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kurikulum Teknologi Pendidikan (Jktp) Universitas Negeri Malang, 1(3), 257–263.
Prasetya, A. Y. W. N., Kuswandi, D., & Akbar, S. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V3i11.11751.
Pratiwi, N. P. E. Y., Pudjawan, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Peajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 123–133. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V6i1.20277.
Purba, M. E. (2019). Efektivitas Penggunaan Multimedia Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Padangsiidmpuan. Edugenesis, 1(1), 26–35.
Putra, L. D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Pariwisata Lokal Berbasis Macromedia Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar Yogyakarta. Lovandri Dwanda Putra, 5(1). Https://Doi.Org/10.12928/Jpsd.V5i2.12583.
Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. Https://Doi.Org/10.17977/Um052v7i2p69-80.
Saputra, G. A. A., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Suplemen Pelajaran Ips Kelas Viii Smp. 05, 121–131. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V5i1.20632.
Sugiarta, G. P. O., Widiana, I. W., & Tastra, I. D. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 6(3), 1–10. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i3.8600.
Supartayasa, G., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis. 9(2), 57–67. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V5i1.20629.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Yasa, K. A. P., Ariawan, K. U., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik Untuk Kelas Xi Mipa Dan Ips Di Sma Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 199–209. Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V14i2.11107.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(1), 88–99. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i1.10289.
Zahary, M., Bharata, H., & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan Lkpd Menggunakan Pendekatan Multikultural Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Sikap Sosial Siswa. Vol.05(No. 05), Hlm. 4. Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/Mtk/Article/View/14126.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)