Potensi Ekowisata Lembu Putih Taro Sebagai Konten dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Hindu Bali

Penulis

  • I Gede Sudirgayasa Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Saraswati, Indonesia
  • I Ketut Surata Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Saraswati, Indonesia
  • I Made Sudiana Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Saraswati, Indonesia
  • I Made Maduriana Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Saraswati, Indonesia
  • I Wayan Gata Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP Saraswati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36424

Kata Kunci:

Ekowisata lembu putih, kearifan lokal, Media Pembelajaran

Abstrak

Banyak guru yang belum mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran sehingga tujuan pendidikan belum tercapai selain itu belum mengenal kearifan lokal di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Ekowisata Lembu Putih Desa Taro sebagai media pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal Hindu Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Ekowisata Lembu Putih Taro menunjukkan: (1) dapat digunakan sebagai konten pembelajaran biologi ditinjau dari materi biologi (taksonomi, genetika, morfologi/fisiologi hewan, ekologi) dan konteks kearifan lokal yang ada di dalamnya; (2) lingkungan asli sebagai media pembelajaran berbasis kearifan lokal yang layak untuk diterapkan karena memiliki berbagai keunggulan di antaranya adalah sebagai media asli/nyata dan kontekstual sehingga mampu memberikan pengalaman langsung sehingga informasi lebih mudah dipahami dan lebih diingat, menumbuhkan kecintaan peserta didik akan kearifan lokal budayanya yang sangat bermanfaat, turut serta dalam upaya pelestarian kearifan lokal, secara tidak langsung turut serta dalam mengamalkan ajaran agama, dan meningkatkan kemampuan belajar saintifik peserta didik. Implikasi penelitian ini Ekowisata Lembu Putih Desa Taro sebagai konten dan media pembelajaran diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna.

Referensi

Agustiana, L., & Rusmana, I. M. (2018). Pemanfaatan Microsoft Power Point sebagai Alternatif Media. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 374–379. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10164.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Ayu Renita. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragam Hayati. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797.

Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms Jurnal.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Gozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.5

Hetzel, L., S.Fischer, D., Günnemann, S., & Fabian J.Theis. (2021). Graph representation learning for single-cell biology. Current Opinion in Systems Biology. https://doi.org/10.1016/j.coisb.2021.05.008.

Indrawan, I P. O., Pramana, M. I., & Gunawan, K. D. H. (2019). Developing Tri Kaya Parishuda Based Blended Learning Media Using Adobe Captive for Probstat Courses. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 157-171. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jere.v3i3.21858

Indrawan, I P. O., Saskara, G.A.J. & Wijaya, I K. M. W. B. (2019). Kreativitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Implementasi Blended Learning Berbasis Bali. . International Journal of Natural Sciences and Engineering, 3(2), 70-78. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22194

Indrawan, I P.O., Suwardika, G., Jaya, A.A.N.A & Wijaya, I K.W.B. (2020). Integrasi Pembelajaran IPA dalam Pemebelajaran Berbasis Teknologi. Webinar Nasional Mengimplementasikan Merdeka Belajar (pp. 61-65). Singaraja: UNDIKSHA PRESS.

Khusna, N., Shufa, F., & Artikel, S. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar : Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64.

Kuswarno, E., Qurratul, A., Budaya, M., Windasari, A., Al, M., Mubah, A. S., SARININGSIH, S., Dharma, S., Strike, M., Ã, W. J., Saptari, R., Salah, M., Syarat, S., Kusumawardhana, M., Yunita, D., Indrawati, N., Sahadi, S., Ira Rahayu, Todorov, T., … Rahmawati, I. (2019). Kearifan Lokal Di Balik Mitos Lembu Putih Di Desa Taro , Gianyar. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 1(1), 430–440. http://journal.wima.ac.id/index.php/ARETE/article/view/166/161%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/127/100%0Ahttp://orvillejenkins.com/whatisculture/greetingscul.html%0Ahttp://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/ars/article/view/16354.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), 28-35. doi:https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas Di Kelas X Ipa Ma Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22.

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769.

Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.

Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi, S. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463.

Puspitasari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. Global Edukasi, 3(1), 55–60. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160.

Rahman, E. S., Sari, T. T., & Meita, N. M. (2019). Pengembangan Buku Saku Tematik Sd Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.28.

Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69–80. https://doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359.

Diterbitkan

2021-07-23

Cara Mengutip

Sudirgayasa, I. G., Surata, I. K., Sudiana, I. M., Maduriana, I. M., & Gata, I. W. (2021). Potensi Ekowisata Lembu Putih Taro Sebagai Konten dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Hindu Bali. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 343–352. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36424

Terbitan

Bagian

Articles