Media Pembelajaran Mobile Learning CAB’s (Cubes and Blocks) Berbasis Cabri 3D pada Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37686Kata Kunci:
media pembelajaran, cabri 3D, matematikaAbstrak
Permasalahan utama di dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa di dalam proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran mobile learning CAB’S (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas V SD, sedangkan objek penelitian ini validitas media pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji ahli materi memeroleh skor 92,5%, uji ahli media memeroleh skor 80% dan uji coba kepada 24 anak memeroleh skor 88,6%. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning CAB’s (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat diinstal pada smartphone android, sehingga siswa dapat memahami materi sesuai dengan waktu yang mereka inginkan, sesuai dengan kurikulum yang ada, dengan tampilan yang menarik, dan aplikasi yang mudah digunakan.
Referensi
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10.
Cecep, C., Mutaqin, A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Quick Math Berbasis Mobile Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika di SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 148–159. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1761.
Daud, D., & Santoso, R. H. (2020). Pengembangkan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Software Cabri 3D Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Problem Solving yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa SMP. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7355.
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 1–40. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132.
Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.56.
Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1). https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10018.
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.
Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 1(2). https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334.
Hikmah, R., Rezeki, S., & Tama, B. J. (2019). Penggunaan Cabri 3D terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.30998/sap.v4i2.4854.
Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Pengembangan Sunber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 37–42. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.289.
Kasatria, R. J. (2014). Pengembangan Teknologi Informasi Mobile Learning Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(4), 241–248. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.4.2014.241-248.
Khomarudin, A. N., Efriyanti, L., & Tafsir, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72–87. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543.
Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468.
Marselina, K. T., & Kristiantari, M. R. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 81–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i2.21708.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion untuk Pembelajaran Biologi dengan Aplikasi Picpac. Jurnal Bioeduin: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922.
Ningsih, S., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p163.
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.
Pratama, R. A., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 771–777. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11167.
Rachmawati, R., & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964.
Setyadi, Danang. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92.
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile learning System (Imoles) sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050.
Syahbani, M. H., & Rosmansyah, Y. (2017). Pengembangan Mobile Collaborative Learning System Menggunakan Kerangka Kerja Zachman dan DICE. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 2(2), 47–52. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/515.
Wicaksana, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Media Audio Visual dan Motivasi terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11074.
Widiyaningsih, E., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2886.
Zahroni, A. (2019). Pengembangan Mobile learning Menggunakan Adobe Flash pada Pelajaran Narrative Text di SMP eLKISI Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 90–103. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.237.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)