Profil Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43442Kata Kunci:
Perpustakaan Sekolah, Profil PengelolaanAbstrak
Bidang pendidikan telah banyak melakukan inovasi, baik secara teknologi maupun sumber bahan sarana pendidikan. Dalam proses pembelajaran terdapat suatu proses kegiatan usaha untuk membimbing siswa agar aktif dalam proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satu kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan siswa di luar kelas, yaitu di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana dan fasilitas penyelenggaraan pendidikan, sehingga setiap sekolah semestinya memiliki perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pengelolaan perpustakaan masih harus ditingkatkan kembali dan harus dikelola dengan baik lagi. Kedua, sarana prasarana yang ada masih belum sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), sehingga harus diperhatikan lagi, baik oleh kepala sekolah maupun petugas perpustakaan sekolah. Ketiga, hambatan-hambatan dalam pengelolaan perpustakaan yaitu program perpustakaan, gedung atau ruang perpustakaan, dan tenaga perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian profil pengelolaan perpusutakaan sekolah didapatkan bahwa pengelolaan perpustakaan masih belum ideal.
Referensi
Afifah, N. ‘Afina, Erwina, W., & Rohman, A. S. (2020). Peran Tenaga Perpustakaan dalam Mewujudkan Keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) fi SD Negeri 02 Rajamandala. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.4174.
Afriatin, R., & Danusiri, D. (2020). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen. Jawda: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 47. https://doi.org/10.21580/jawda.v1i1.2020.6703.
Aisy, R., & Setyadi, A. (2017). Analisis Fungsi Komik sebagai Media Pendidikan Pemakai di Perpustakaan SMK Negeri 1 Kudus. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 311–320. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23161.
Alexander, O., Isnaini, E. N., Maranti, P., Bawiling, H., Pryanto, M. B., & Dimyati, M. (2021). Perancangan Perpustakaan Gemar Membaca Berbasis Website untuk Desa Mekarjaya. Jurnal Impact, 2(1). https://doi.org/10.31961/impact.v3i2.1119.
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363.
Alrasyiidah, A., & Amir, A. (2021). Evaluasi Sarana dan Prasarana di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(4). https://doi.org/ 10.26418/jppk.v10i4.46427.
Artana, I. K. (2019). Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah melalui Pengelolaan yang Profesional. Bisma The Journal of Counseling, 6(1), 90–96. https://doi.org/ 10.23887/ap.v6i1.22181.
Aryani, F., & Armiati, A. (2021). Analisis Tata Ruang Perpustakaan Sekolah. Jurnal Ecogen, 4(2), 259. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11162.
Charolina, Y. (2020). Implementasi Knowledge Management dan Analisis SWOT di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SMA). Journal of Business and Audit Information Systems, 3(1). https://doi.org/10.30813/jbase.v3i1.2063.
Damayanti, D., Samsugi, S., Nurkholis, A., & Andika, T. A. (2021). Digitalisasi Sistem Peminjaman Buku pada SMK Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 2(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1368.
Desriyeni, D. (2018). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah SMAN 1 Bukit Sundi dan SMAN 1 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–21. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.789.
Fadhli, R. (2021). Implementasi Kompetensi Pembelajaran Sepanjang Hayat melalui Program Literasi di Perpustakaan Sekolah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 19. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000.
Fahmi, A. (2020). Manajemen Perpustakaan dan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.33394/jp.v3i1.3032.
Fatimah, Y. A., Hanafi, A. R., Pancasari, M., Fadhilah, S., Putra, J. S., & Astuti, S. D. (2021). Pengembangan Perpustakaan Negeri Dongeng Bahrul Ulum untuk Meningkatkan Literasi Anak - Anak dan Masyarakat Desa Giyanti. Community Empowerment, 6(4), 532–537. https://doi.org/10.31603/ce.4522.
Ghassani, F. (2018). Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 20(2). https://doi.org/10.7454/jipk.v20i2.104.
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151.
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86.
Karima, O. N. (2021). Pengelolaan Perpustakaan sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p85-96.
Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 93. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887.
Khasiati, N. (2021). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Proses Pembelajaran di SMPIT Alfarisi Sleman DIY. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(1), 987–1007. https://doi.org/10.37250/newkiki.v5i1.91.
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., Sumarsono, R. B., & Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169.
Lestari, A., & Madeten, S. S. (2020). Manajemen Perencanaan Tata Ruang Perpustakaan SMP Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/ 10.26418/jppk.v9i1.38615.
Mansyur, M. (2021). Optimalisasi Manajemen Perpustakaan dan Signifikansinya bagi Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan, 10(2), 12–30. https://doi.org/10.36668/jal.v10i2.301.
Megawaty, D. A., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Penerapan Digital Library untuk Otomatisasi. Journal of Technology and Social for Community Service, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1366.
Melianti, E., & Priyadi, A. T. (2020). Analisis Sistem Layanan Sirkulasi pada Perpustakaan Politeknik Negeri Pontianak. Urnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/7948.
Muntafi, A. Z. (2016). Peran Perpustakaan sebagai Media Pendukung Pembelajaran Keilmuan bagi Anak Usia Dini (Studi Kasus Perpustakaan Kelompok Bermain Mulya Serumpun Kabupaten Pemalang). UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol7.iss1.art4.
Putera, A. R., & Ibrahim, M. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan SMP Negeri 1 Madiun. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 57. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.2025.
Ramadhanti, D., Yanda, D. P., & Yenti, E. (2021). Peran Perpustakaan sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 8(1), 1–30. https://doi.org/10.21043/libraria.v8i1.7948.
Riska, R., & Amir, A. (2018). Tinjauan terhadap Sarana dan Prasarana serta Tata Ruang Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i11.29545.
Ristiani. (2021). Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dewantara, 11(1), 46–59. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/ article/view/136/115.
Rizal, S., & Muliadi, M. (2021). Analisis Manajemen Perpustakaan Sekolah di SMAN 1 Janapria. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 7(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.5624845.
Saputro, B. I., & Amir, C. (2018). Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Khusus: Studi Kasus di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 207. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.428.
Sari, S., Intan, A., Khotimah, & A’yunil, I. (2021). The Role of Library on The Implementation of The Learning Program in SDIT Salsabila 2 Klaseman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 12–31. https://doi.org/10.36768/abdau.v4i1.174.
Sunarsih, S. (2019). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 311. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.4597.
Syadila, F. (2021). Entertaiment Dunia Perpustakaan di Era 4.0: Meningkatkan Minat Baca dengan Menjadikan Perpustakaan sebagai Tempat atau Pusat Informasi yang Menghibur. Jurnal Pustaka Budaya, 8(1), 61–72. https://doi.org/10.31849/pb.v8i1.4052.
Syahdan, Ridwan, M. M., Ismaya, Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum Pondok Pesantren Guppi Samata. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/download/2083/658.
Zohriah, A. (2018). Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 159. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1228.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)