Tipe-Tipe Budaya Politik Dikalangan Siswa/Siswi IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.44119Kata Kunci:
Budaya politik parokial, kaula (subjek), partisipanAbstrak
Peranan budaya politik terhadap kemajuan suatu negara memang sangat berpengaruh besar semakin baik politiknya. Maka, semakin maju suatu negara tersebut dengan banyak program-program yang dibuat oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tipe-tipe budaya politik dikalangan siswa/siswi IPS. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri 3 guru serta responden sebagai sampel sebanyak 78 siswa. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Penelitian menggunakan teknik untuk menganalisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan budaya politik masih ada tipe-tipe budaya politiknya, budaya politik parokial dimana budaya politik yang tingkat partisipasinya sangatlah rendah menunjukkan siswa banyak yang tidak mengikuti kegiatan organisasian sekolah. Adapun budaya politik kaula, budaya politik yang sudah adanya tingkat kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan keorganisasian namun hanya bersifat pasif tidak memberikan gerakan ataupun kegiatan yang mengundang siswa lain untuk ikut masuk kedalam organisasi tersebut. Dan budaya politik partisipan yang tingkat kesadaran siswa sangat tinggi untuk mengikuti keorganisasian sekolah sehingga ada kemajuan untuk dirinya. Maka, masih banyak siswa yang kurang kesadarannya tentang pentingnya budaya politik disekolah seperti mengikuti kegiatan organisasi intra sekolah (OSIS). Implikasi penelitian ini diharapkan siswa memiliki kesadaran untuk meningkatkan minat dalam mengikuti kegiatan OSIS.
Referensi
Adriansyah, M. A., Sintara, I. D., Pramujie, G. V. C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan Komitmen Organisasi Melalui Pelatihan Manajemen Diri. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(1), 81. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3827.
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913.
Elinnawati, & Khairani. (2019). Pemanfaatan Waktu Belajar oleh Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.24036/00102kons2019.
Japar, M., & Paridana, D. (2018). Pembentukan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan Osis Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 86–103. https://doi.org/10.2317/jpis.v28i1.6710.
Joko, T. (2018). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah sebagai strategi dalam pengembangan kepemimpinan siswa smp negeri 2 sukadana. Jurnal Lentera Pusat LPPM UM Metro, 3(1), 71–86.
Kinasih, K. P., & Dahliyana, A. (2018). Membangun Solidaritas Peserta Didik Melalui Kegiatan Bakti Sosal Organisasi Siswa Intra Sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 16(1), 22–28. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/10687.
Melina, S. (2017). Peranan Kebudayaan Dalam Membangun Politik. Jurnal Ilmiah Sains, 3(1), 1–8.
Ngurah Trisna Widya Ningrum, I. G. A., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Locus Delicti, 1(2), 53–62. https://doi.org/10.23887/jld.v1i2.373.
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.
Nurul Alifa, M., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Program Latihan Kepemimpinan Organisasi Siswa Intra Sekolah di Pondok Pesantren Al-Hamid Putri. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(06), 1006–1017. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i6.628.
Nurwita, S. (2019). Analisis Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Upin dan Ipin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.252.
Pasaribu, K., & Lumbanraja, P. (2020). Hubungan Pembelajaran Materi Budaya Politik Dengan Kesadaran Politik Siswa Kelas XII Di SMA Swasta Raksana Medan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegraan, 20(2), 88–95. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/544.
Pratama, A. (2016). Partisipasi politik etnis Tionghoa di Indonesia. JIPP (Journal Ilmu Politik & Pemerintahan), 2(2), 214–229. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jipp/article/view/ADHKPRTM.
Pujianti, L. S. P., & Suhendar, I. F. (2020). Peranan Osis Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Di SMA Plus PGRI Ciranjang. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 9(2), 2622–8718. https://jurnal.unsur.ac.id/jpphk/article/view/855.
Qibtiyah, M. (2019). Tingkah Laku Ekonomi-Politik dalam Hegemoni Agama dan Budaya. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 3(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/jssp.v3i1.4068.
Rahayu, H. (2020). Pengembangan Organisasi Siswa (OSIS) Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Deskriptif di SMP Tut Wuri Handayani Kota Cimahi). Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 123. https://doi.org/10.32897/techno.2020.13.2.475.
Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290.
Saryono, S., Fazria, A. N., Andini, S., & Hasan, H. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum Dengan Budaya Politik Organisasi Mahasiswa. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 215–222. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i1.1369.
Septiyaningrum, I. N., & Listyaningsih. (2020). Strategi Pembina Osis Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Pengurus OSIS Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(03), 1117–1131. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/37435.
Sumartono, S. (2018). Budaya Politik Dalam Masyarakat Pragmatis. LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.31334/jl.v2i1.119.
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660.
Yuli Fatimah, Aris Riswandi Sanusi, & Yogi Nugraha. (2020). Solusi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 82–89. https://doi.org/10.36805/civics.v5i1.1331.
Zaen, M. T. A., & Putra, R. (2018). Aplikasi Voting Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Pada Ma Nurul Ihsan Nw Tilawah Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 1(2), 43. https://doi.org/10.36595/misi.v1i2.48.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Isni Majidah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)