Model Pembelajaran Mind Mapping dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Yusi Natasia Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka
  • Safrul UniversitassMuhammadiyah Prof. Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.46116

Kata Kunci:

Motivasi belajar, Model Pembelajaran, Mind Mapping

Abstrak

Rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kurangnya motivasi belajar sehingga membuat sisiwa kurang aktif di pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen atau disebut juga dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini disebut sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam mengukur motivasi belajar siswa adalah angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig untuk  uji t motivasi belajar adalah 0,891 dan untuk nilai ttabel 0,266 dengan alpha 0,05. Simpulan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Oleh sebab itu, model pembelajaran mind mapping dapat membuat motivasi belajar peserta didik menjadi baik agar dapat membuat peserta didik selalu aktif, kreatif dan mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru, serta membuat peseta didik lebih mudah dalam mencatat materi dengan poin-poin penting yang dipahaminya dengan bahasanya sendiri.

Biografi Penulis

Yusi Natasia, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka

Saya adalah seorang peneliti

Referensi

Afriyanti, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks Descriptive Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 32–45. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.244.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Masyarakat. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Angreini, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.199.

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9.

Azizah, T. N., Ruminiati, & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendek. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 3(1), 121 — 124. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10400.

Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897.

Chandramica, F. P., Surahman, M., & Taruna, R. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/pdg.

Darmuki, A. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4687.

Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar berwawasan sosial-budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD, Vol. 4 No, 47–53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996.

Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004.

Harni, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.

Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSIIKIPPGRIBojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578.

Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243.

Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(02), 173–182. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2490.

Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.

Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAMelalui Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36520.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). PengaruhModel Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Suswandari. (2016). Perspektif Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Penanaman Nilai Dan Etika Serta Hak Asasi Manusia Di Era Global. “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global,” 401–414.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758.

Tuto, Y. A., Hakim, A. R., & Wadu, L. B. (2020). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 2 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 311–322. https://doi.org/https://conference.unikama.ac.id/artikel/.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(2), 84–98. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.

Diterbitkan

2022-07-16

Cara Mengutip

Natasia, Y., & Safrul. (2022). Model Pembelajaran Mind Mapping dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 218–225. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.46116

Terbitan

Bagian

Articles