Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956Kata Kunci:
Guru, Karakter Disiplin, Sekolah DasarAbstrak
Permasalahan pada penelitian ini yaitu siswa tidak mencerminkan kedisiplinan di lingkup sekolah dengan adanya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa adalah menyusun rencana dan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter disiplin, melakukan pendekatan nilai melalui keteladanan serta memberikan bimbingan kepada siswa, membuat peraturan tertulis dan tidak tertulis, melakukan pendekatan klarifikasi nilai melalui punishment dan reward, serta melakukan pembiasaan-pembiasan pada kegiatan rutin harian, kegiatan mingguan, kegiatan spontan dan kegiatan terstruktur siswa. Strategi guru kelas dalam menanamkan karakter disiplin siswa tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berupa adanya adanya kontrol dari kepala sekolah, dukungan dari orang tua siswa, keterlibatan guru, dan adanya kesadaran diri siswa. Sedangkan, faktor penghambat yaitu faktor kesadaran diri siswa, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa sekolah dasar.
Referensi
Akbar, M. (2019). Mendidik Siswa dengan Prinsip Keteladanan. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 86–96. http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/129.
Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467.
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120.
Armaini, Nurhastuti, & Budi, S. (2022). The Role of Parents with Blind Disabilities in Forming Disiplined and Independent Characters in Elementary School-aged Children. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 145–152. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24256/pijies.v5i1.3680.
Asih, P., & Sunarso, A. (2020). Implementation of Character Education to Improve the Students Discipline Through Habituation of Nadzam Asmaul Husna Recitation at Grade IV. Elementary School Teacher, 3(1), 51–54. https://doi.org/10.15294/est.v3i1.28035.
Baqi, S. Al, A, A. L., & Dwiyoga, T. S. (2017). Faktor Pendukung Motivasi Berperilaku Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1300.
Efendi, D. (2019). Proses Pembentukan Aqidah dan Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Jayapura. Al-Adzaka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 9–20. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.2814.
Fadhilah, H., Syahniar, S., & Asnah, M. B. (2019). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 96–99. https://doi.org/10.29210/02394jpgi0005.
Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.51.
Fahmy, R., Bachtiar, N., Rahim, R., & Malik, M. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 851–858. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.112.
Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.760.
Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onalalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Conseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).
Harni, S., & Tarjiah, I. (2018). Implementasi Teori Behaviorisme Dalam Membentuk Disiplin Siswa Sdn Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 127–138. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6458.
Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(1), 77–102.
Ilahi, R., Syahniar, & Ibrahim, I. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 40–44.
Iriansyah, H. S., Pudjiastuti, S. R., Sudjoko, S., & Asri, S. A. (2022). Pengaruh Budaya Hidup Tertib terhadapKarakterDisiplin dalam Belajar. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 193–202. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.996.
Irsan, & Syamsurijal. (2020). Implementasi pendidikan karakter disiplin siswa di sekolah dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 10–17.
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global.
Kurniawan, W. A. (2018). Budaya tertib siswa di sekolah.
Lestari, F. N., & Miftakhul’Ulum, W. (2020). Analisis Bentuk Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN I Gondosuli Gondang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 318–329. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13554.
Lopes, J., & Oliveira, C. (2017). Classroom Discipline: Theory and Practice. Classrooms: Academic Content and Behavior Strategy Instruction for Students with and without Disabilities, 2, 231–253.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54–67. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurul Amelia, Febrina Dafit
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)