Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.62991Kata Kunci:
LKPD, Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Proses SainsAbstrak
Kemampuan peserta didik dalam mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, mengamati, menafsirkan yang merupakan aspek penilaian KPS masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD yang berfokus pada penumbuhan Keterampilan Proses Sains (KPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Metode pengumpulan data dengan metode observasi/pengamatan dan kuisioner. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Subjek penelitian ini adalah 3 ahli materi pembelajaran, 3 ahli media pembejaran, 3 ahli bahasa, 1 orang guru, dan 25 peserta didik kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi diperoleh 0, 8278 termasuk dalam kategori valid. Aspek desain media, teks, dan grafik adalah sebesar 0,8722, yang masuk dalam kateigori sangat valid. hasil validasi bahasa adalah sebesar 0,8333 dengan kategori valid. praktikalitas peni didik pada LKPD beirbasis CTL yang dikemi bangkan meincapai 93%, deingan kateigori sangat baik/sangat praktis. Hasil praktikalitas LKPD berbasis CTL yang telah dikembangkan mencapai 88% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan LKPD berbasis CTL teruji valid, praktis, dan efektif dalam menumbuhkan Keterampilan Proses Sains.
Referensi
Adella, D., & Dwi, D. F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika berbasis PJBL dengan Menggunakan Media Visual pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 060818 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 7(2), 166–174. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1863.
Adnyana, P. B., & Citrawathi, D. M. (2017). The Effectiveness of Question-Based Inquiry Module in Learning Biological Knowledge and Science Process Skills. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1871–1878. http://www.ijese.net/makale/1947.html.
Agatha, V. R., & Budiyanto, M. (2021). Kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnosains Pada Materi Pemisahan Campuran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(1), 35–40..
Alyusfitri, R., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371.
Basyaruddin, I., & Ellianawati, E. (2021). Pengembangan E-Module Aplikatif untuk Memperkuat Penguasaan Materi Fisika pada Kompetensi Keahlian di SMK. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 283–289. https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55700.
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.
Djono. (2023). Persepsi Guru Terhadap Bahan Ajar Sejarah Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 59–69. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.70154.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 115–127. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Hamzah, B., Solfarina, & Delviana. (2020). Mapping of Reflective Thinking Levels and Basic Thinking Ability of Students in Learning Sains at SMP Negeri 30 Sigi. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.22487/j25490192.2017.v1.i1.pp.xxx-xxx.
Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID- 19. Jurnal Dinamika, 3(2), 112–126. https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126.
Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775.
Indah Junia, N. M. I. J., & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undikhsa, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.
Kartikawati, A., & Azizah, U. (2017). Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7-E pada Materi Laju Reaksi Kelas Xi di SMA Negeri 1 Krembung. Unesa Journal of Chemical Education, 6(2), 229–237.
Khoirudin. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Pelita Harapan. Mozaic Islam Nusantara, 8(1), 53–65. https://doi.org/10.47776/mozaic.v8i1.274.
Lawi, S., Putra, S. H. J., & Bunga, Y. N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Santa Maria Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 40–52. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i2.11.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987.
Mardianti, Y., Untari, E., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Permainan Edukatif Terintegrasi Karakter Kreatif pada Muatan IPA Kelas IV SD. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(1), 10–21.
Ngware, M. W., Hungi, N., & Mutisya, M. (2019). Assessing learning: How can classroom-based teachers assess students’ competencies in numeracy? Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 26(2), 222–244. https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1503156.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.
Parwasih, N. W. S., & Warouw, Z. W. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. SCIENING : Science Learning Journal, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.29.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151.
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054.
Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.
Rohman, M. A., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Development of Interactive Learning Videos to Increase Learning Motivation in Graphic Design Lessons in Vocational Schools: Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Desain Grafis Di SMK. Procedings of The Icecrs, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/icecrs2020485.
Sari, P. M. N., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis Masalah Terbuka Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248–256. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25558.
Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649.
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922.
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285.
Srimaharani, N. N. C., Ayu Wulandari, I. G. A., & Putra, D. B. K. N. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Flash Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPAS Siswa IV SD. Journal on Education, 5(3), 9922–9929. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1873.
Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v7i1.7279.
Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa ma riyadhus solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61–73. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826.
Susiana, D., & Rendra, N. T. (2021). Mathematics E-LKPD With Project-Based Learning and HOTS Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 289–298. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35516.
Tadege, A., Seifu, A., & Melese, S. (2022). Teachers’ views on values-education: The case of secondary schools in East Gojjam, Ethiopia. Social Sciences & Humanities Open, 6(1), 100284. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100284.
Wijiastuti, D. S., & Muchlis, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pogil Pada Materi Laju Reaksi Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p48-55.
Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 alamin alamin, Fatkhur Rohman Fatkhur, Tri santi Santi, Pramudiyanti Pramudiyanti, Shovira Maulida Syahnia Shovira, Dewi Yuninda Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)