E-Modul Interaktif Topik Sifat-Sifat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.71157Kata Kunci:
E-modul, Interaktif, MagnetAbstrak
Kurangnya keterampilan guru dalam mengajar, berpengaruh terhadap keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Sehingga perlu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif pada topic sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas VI sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, wawancara, dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Uji validitas modul dianalisis menggunakan rumus Gregory, uji kepraktisan dianalisis menggunakan rumus mean, dan uji efektivitas dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media memeroleh kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian guru e-modul dinyatakan tergolong kategori praktis. Berdasarkan hasil uji coba pada siswa, e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI.
Referensi
Amirudin, M. F., Muchtar, A., & Abdurrahmansyah. (2023). Respon Pimpinan PTKIS Sumatera Selatan terhadap Disrupsi Pendidikan Islam. Edukasi Islam, 12(2), 1319–1338. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3222.
Angela, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Materi Persamaan Eksponensial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1449–1461. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.437.
Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul IPA Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Pedagogika, 14(Nomor 01), 99–111. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192.
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9.
Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.
Faradhina, A. R., & Agung, A. A. G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41590.
Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562.
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.
Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155.
Kartiko, I., & Mampouw, H. L. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1700–1710. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.695.
Kinasih, S., & Sinaga, K. (2020). Kajian Penerapan Teori Pembelajaran Bermakna Ausubel Berdasarkan Perspektif Alkitabiah Pada Materi Hidrokarbon [a Study on the Application of Ausubel’S Meaningful Learning Theory on Hydrocarbon Chemical Learning Based on a Biblical Perspective]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 141–153. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2128.
Laili, G., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.
Lindawati, L., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Penggunaan Media Sosial Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 84–93. https://doi.org/10.30653/003.202281.204.
Maziyah, A., & Anjar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Outdoor Education untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA/MA pada Materi Ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (p. 2 No 1). https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1520.
Meriyati. (2022). Penggunaan Pendekatan Saintifik sebagai Best Practice Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.43.
Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.515.
Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Pratiwi, K. S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 563–578. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54607.
Puspita, A. M. I., & Purwo, S. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Literasi Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4426.
Putri, R. R. R. R., Kaspul, & Arsyad. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.46.
Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. (2023). Pengembangan Media Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Maharah al- Istima’. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11). https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625.
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01.
Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.
Safitri, S. Y., Supriyono, & Astuti, E. P. (2023). E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.275.
Saprudin, Ahlak, I., Salim, A., Haerullah, A. H., Hamid, F., & Rahman, N. A. (2022). Pengembangan e-Modul Interaktif Getaran dan Gelombang (eMIGG) untuk Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(1), 97–106. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.549.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381.
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263.
Subakti, D. P., Marzal, J., & Effendi, H. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629.
Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127–138. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1222.
Wahab, R., Saprudin, S., & Achmad, R. (2023). E-Modul Interaktif Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i1.10967.
Wahyuni, S., & Etfita, F. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Android Terhadap. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 7(2), 44–49. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4069.
Widiya, M., Lokaria, E., & Sepriyaningsih. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3314–3320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1281.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Made Candra Wahyudi Putra, Mr Ida Bagus Putrayasa, Mr I Nyoman Sudiana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)