Video Animasi untuk Pembelajaran Pantun di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.72732Kata Kunci:
Pengembangan, Video Animasi, Sekolah DasarAbstrak
Kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pantun. Tak hanya itu, peserta didik seringkali merasa bosan jika pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran yang nyata. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk media pembelajaran yang disebut animasi video KATUN (Kania Berpantun). Model Hannafin dan Peck digunakan dalam proses pengembangan animasi video, yang meliputi tiga langkah: analisis, desain, dan implementasi. Metode pengumpulan data ini menggunakan metode angket dan tes. Penelitian ini melibatkan beberapa subjek yaitu 1 ahli materi, 1 ahli media pembelajaran, 5 uji coba individu, 20 peserta didikuji coba kelompok kecil, 44 peserta didiksebagai pengguna produk pada tahap diseminasi, dan 3 wali kelas kelas V sebagai asesor pengguna produk. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 26. Validitas materi kurang lebih 82,5%, dan validitas media pembelajaran kurang lebih 90%. Uji coba perorangan dengan rata-rata 85%, 95%, 95%, 90%, 85%, dan uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 85%. Hasil evaluasi produk saat diimplementasikan di sekolah yang berbeda adalah 92,9% untuk VA dan 88,75% untuk VB. Hasil pengujian produk oleh guru kelas V sebagai pengguna produk adalah 76,6%, 80%, dan 87%. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam mempelajari dan membuat pantun. Disimpulkan bahwa video animasi KATUN (Kania Berpantun) mudah digunakan dan membantu dalam proses pembelajaran.
Referensi
Aeni, A. N., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2019). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012046.
Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.
Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7299.
Astini, Sari, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194.
Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385.
Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12.
Fisabilillah, F. F. N., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271–1282. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.562.
Fitriani, N. L. P., & Yudiana, K. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386.
Fitriasari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758.
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Martini, A. W., Suciati, S., & Umaya, N. M. (2022). Pengembangan Media Video Interaktif Belajar Pantun Berbantu Smart App Creator Untuk SD Di Kabupaten Semarang. Urnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 3–4. https://doi.org/10.1109/mmw.2005.1491238.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134.
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.
Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190.
Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman, Z. (2022). Efektivitas Video Animasi Berbasis Animaker Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1723.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.
Riyana. (2020). Pengembangan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Konsep Pola Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 255–263. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1230.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.
Sanistyasari, I. G. A. N., Putra, M., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Metode Karyawisata Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Media Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381.
Setiawan, I. M. D., & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649.
Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.
Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468.
Utami, E. F., Nurramdiani, N., Driandra, Y. A., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Podcast Animasi Dalam Meningkatkan Perilaku Mandiri, Percaya Diri, Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1248. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1151.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Amalia Putri, Prana Dwija Iswara, Ani Nur Aeni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)