PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

ayu ratnadewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan discovery learning berbantuan media visual siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 1 Banjar Jawa sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata hasil belajar IPS sebesar 4,08% dari 82,36% berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 86,44% berada pada kategori tinggi pada siklus II. Selanjutnya peningkatan kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 85 mencapai 31,57% dari 19 siswa atau 50% pada siklus I menjadi 31 siswa atau 81,57% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci:  discovery learning, hasil belajar IPS, media visual

This research aims to increase social study learning outcomes through discovery learning assisted visual media on VB grade students of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018. This study used a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject was VB grade students in SDN 1 Banjar Jawa that included 38 students which consist of 23 female and 15 male. Data collection was done by test method. Social study learning outcomes data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The result showed there was an enhancement in the mean percentage of result social study by 4,08% from 82,36% as high predicate on the first cycle became 86,44% as high predicate on the second cycle. Further, improvement quantity of students who received a minimum score of 85 reached 31,575% from 19 students or 50% in the first cycle became 31 students or 81,57% in second cycle. Based on the results of data analysis can be concluded that through the application of visual media -aided discovery learning is proven to improve learning outcomes VB social study graders of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018.

Keywords: discovery learning, social study learning outcome, visual media


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A.Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

-------. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

-------. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing

-------. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013 SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

_______. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tota,Mortiada. 2017. The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. Volume 7, Issue 6 Ver. I

Hadiono. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-D Smpn 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains Vol. 3, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.