PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Ni Kadek Dwi Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual pada siswa kelas IVB semester genap di SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I yaitu 74,35 dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 86,13 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,46 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: kontekstual, audio-visual, hasil belajar IPS

This study aims to improving the learning outcomes of IPS through the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media based on fourth grade students on second semester of SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa as many as 31 students consisting of 13 male and 18 female students. Data were collected through a test. The collected data were analyzed by descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed that the average learning outcomes of IPS in first cycle is 74.35 with the medium category and on the second cycle the learning outcomes of IPS increased to 86.13 with high category. Increases that occur when calculated using the Gn score formula that is equal to 0.46 which if converted on the table of increased learning outcome criteria are in the medium category. So that it can be concluded that the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media can improve the learning outcomes of IPS fourth grade students in SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018.

Keywords: contextual, audio-visual, learning outcomes of IPS


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

-------. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising.

-------. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan.Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto.2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

-------. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunartha, I Wayan. 2007. Diktat Kuliah Evaluasi Hasil Belajar. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pressindo.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung: Refika Aditama

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

-------. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.

Paijan.2010. Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar IPS Menggunakan Model CTL Siswa SD Negeri 3 Sidomulyo Purworejo Tahun Pelajaran 2009/2010.Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.