PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BANJAR JAWA

I Made Wiranata

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual di kelas VB SDN 3 Banjar Jawa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 3 Banjar Jawa Tahun ajaran 2017/2018, sebanyak 32 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar matematika dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes berbentuk esai. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I persentase hasil belajar matematika mencapai 74,06% berada pada kategori sedang dan pada siklus II mencapai 85,31% berada pada katagori tinggi sehingga terjadi peningkatan persentase hasil belajar matematika mencapai 11,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB di SD Negeri 3 Banjar Jawa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.