PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVC SD NEGERI 3 BANJAR JAWA

Khaerudin Khaerudin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media audiovisual. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Negeri  3 Banjar Jawa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan pada siklus I data hasil belajar matematika mencapai 78,37% berada pada katagori cukup tinggi dan pada siklus II mencapai 88,78% berada pada katagori tinggi. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar matematika mencapai 10,41%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IVC SDN 3 Banjar Jawa Tahun Pelajaran 2017/ 2018.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.