PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERMEDIAKAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVB SD LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN 2017/2018

Fahri Diyanzah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhinya harapan ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Lab Undiksha, Singaraja. Siswa mengalami kesulitan saat berkonsentrasi dan tentunya mengalami kesulitan dalam belajar matematika yang akhirnya mempengaruhi hasil belajar mereka. Rumusan masalah yang peneliti tetapkan adalah apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Laboratorium Undiksha Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SD Lab Undiksha dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk setiap siklus dan penelitian ini diselesaikan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah kepada siswa untuk diselesaiakan dimana dalam menyelesaikan masalah ini siswa dituntut untuk berpikir kritis yang akhirnya siswa memperoleh pengetahuan secara mandiri. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, dan lembar observasi untuk melihat hasil belajar matematika siswa. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa aktivitas guru berkategori baik dan aktivitas siswa berkategori aktif. Hasil belajar pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 80% dan belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil belajar pada siklus II didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 94% dan telah mencapai indikator keberhasilan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.