PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16393Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar PPKn melalui penerapan model pembelajaran quantum berbantuan media audio-visual dan puzzle siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 32 orang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang instrumennya berupa tes objektif. Data hasil belajar PPKn dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar PPKn siswa pada siklus I yaitu 76,6 dengan M% sebesar 76,6% berada pada kategori sedang dan berada pada interval 65 – 79 dengan kategori sedang. Pada pada siklus II rata-rata hasil belajar PPKn siswa yaitu 88,2 dengan M% sebesar 88,2% dan berada pada interval 80 – 89 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,49 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang (0,30-0,69). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran quantum berbantuan media audio-visual dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V C semester II tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa.
Kata kunci: hasil belajar PPKn, media audio-visual dan puzzle, model pembelajaran quantum
References
Agung, A.A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Keilmuan Negeri Singaraja
DePorter, B & Mike H. 2016. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Djamarah, S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Kosasih, N. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta
Nyna, A, Parmin & Sudarmin. 2015. “Implementasi Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping Worksheet untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan MIPA Pascasarjana UNNES, Volume 1 No 3 Tahun 2015
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.