PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET

I Wayan Sukadana

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar  pada Kelas IX B Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 ini adalah untuk mengetahui apakah Metode pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar  Permainan Bola Basket siswa kelas IX B Semester II SMP Negeri 2 Gianyar. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan peserta disik secara mental dan tes prestasi belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keterampilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar  Permainan Bola Basket. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,4 dengan prosentase ketuntasan belajar 36%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,2, dengan ketuntasan belajar 72% Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 82,00 dengan ketuntasan belajar mencapai 96%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Bola Basket siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Gianyar.

 

Kata kunci: metode kontekstual, prestasi belajar, permainan bola basket


Full Text:

PDF

References


Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.

Dian Tri Handayani. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Inquiry dengan pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Semarang: UNNES.

Erwin, Herlina. 2018. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal: Pendidikan Dasar Perkhasa Volume 4, Nomor 1, April 2018.

Gita, I Nyoman. 2007. Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 1(1): 26-34

Hana, Putri. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar. PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pahlawan Tuanku. Tambusai Riau. Jurnal Publikasi Pendidikan http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend. Volume 7 Nomor 2, Juni 2017

Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rasiman, Wahyu Widayanto. 2008. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII C Smp Negeri 1 Karangawen Demak.

Rufaida, Ida. (2009). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut. (tersedia pada http://ml.scribd.com/doc/21218804/Ida-Rufaida-PTK-Matematika-Kontekstual). Diunduh pada tanggal 9 Januari 2013.

Santoso, Erik. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.1 Edisi Januari 2017

Suarjani, D.N. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 1 Ringdikit Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Tesis(tidak diterbitkan). Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Subhan, Muhammad. 2013. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VIIIA SMP IT Babussalam Probolinggo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 01 Nomor 03 Tahun 2013, 689 – 693 Unesa.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, Diah Oktie. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran TIK untuk Mengukur Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Suruh. Artikel Ilmiah. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Widiasa, I Ketut. (2007). Peningkatan Keterampilan Menulis Naratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Di Kelas X-6 Semester genap tahun pelajaran 2006/2007 di SMA Negeri. Universitas Negeri Malang. (tersedia pada http://library.um.ac.id/index.php/Artikel-PTK/laporan-ptk.html). Diunduh pada tanggal 9 Januari 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.