UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK

Authors

  • I Nyoman Sukama SMP Negeri 2 Gianyar Gianyar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18086

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia melalui penggunaan model pembelajaran  Pair Check pada siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Gianyar Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX E semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Gianyar. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Data yang diupayakan untuk diperoleh dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, didapatkan data yang menunjukkan peningkatan yang baik, dari awalnya baru mencapai rata-rata 67,85, padasiklus I meningkat menjadi 73,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,00. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran  Pair Check dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX E  semester I SMP Negeri 2 Gianyar.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Pair Check, prestasi belajar Bahasa Indonesia

References

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Agung, A.A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmad Fandi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Jurnal Sainsmat, September 2016, Halaman 137-142 Vol. V, No. 2.

Arikunto, S., dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2013. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta

In Benilia Sari, Rahmi, dan Yulia Haryono. 2012. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe PairChecks terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumber, vol.1, no.5.

Kurniawan, Ade. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD N 1 Metro Timur”. Jurnal FKIP Universitas Lampung, Volume 6, Nomor 6 (hlm.23-24). (diakses pada tanggal 3 Januari 2018).

Lestari dan Linuwih. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Social Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) 190-194 Unnes.

Nusantari,dkk. 2008. Peningkatan Keterampilan Belajar Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Pair Checks Siswa Kelas II SMPN 2 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 15, Nomor 1.

Puspita, I G. A. Ayu Putu Dina, I Kt. Adnyana Putra, I Km. Ngurah Wiyasa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas Iv Sd Gugus Ii Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research and Review, Vol. 1 No. 1

Putri Ayu Widiadnyani. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Pair Cheks Berbantuan Media Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 5 Pedungan Tahun Ajaran 2013/2014. http://download.portalgaruda. org/article.php?article=138710&val=1342 diakses pada tanggal 18 Februari 2017.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembejaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Utomo, Edy Setiyo. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang. (hlm.8-10). (diakses pada tanggal 4 Januari 2018).

Yantiani, Ni Md., I Wyn Wiarta, Md. Putra. 2013. Pembelajaran Kooperatif Pair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV Gugus IV Semarapura. E-journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2 No 1

Yuliana, Nofita. (2014). Pembelajaran Kombinasi Tipe Pair Checks dan Peer Tutoring Mampu Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. (Online). (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article.download/5269/372 3 di akses Kamis, 19 Februari 2017).

Yuliariska Febri. 2016. Penerapan Model Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016.

Zaenab, Siti. 2017. Penerapan Model Pair Checks Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas VI. Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2 No 3.

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Sukama, I. N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18086

Issue

Section

Articles