KORELASI ANTARA BAKAT NUMERIK DENGAN KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA

I Kdk. Surya Adiyasa, I Md. Putra, I Wyn. Sujana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara bakat numerik dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan korelasi yang bersifat asimetris. Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki populasi 323 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi adalah 171 orang. Data diperoleh dari tes objektif pilihan ganda biasa bakat numerik dan pencatatan dokumen kompetensi pengetahuan matematika oleh responden. Sebagai uji prasyarat adalah uji normalitas sebaran data. Setelah terpenuhi prasyarat tersebut, berikutnya adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh r_( hitung)= 0,545. Pada taraf signifikasi 5% dengan n = 171, maka diperoleh r_( tabel) = 0,148. Karena r_( hitung)> r_( tabel) = 0,545 > 0,148 maka dapat diartikan bahwa H_0 yang berbunyi tidak terdapat korelasi yang signifikan antara bakat numerik dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara bakat numerik dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi bakat numerik maka semakin tinggi pula kompetensi pengetahuan matemtika yang diperoleh siswa..

 

Kata kunci: bakat numerik, kompetensi pengetahuan matematika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara

Khairani, Makmun.2014.Psikologi Belajar.Yogjakarta: Aswaja Pressindo.

Permendikbud.2016.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 Tahun 2016 pada bagian proses pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. di akses tanggal: 9 februari 2018

Sapitri, I Wayan Eka.Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Bakat Numerik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Sukawati Tahun Pelajaran 2015/2016.di akses tanggal 15 Februari 2018

Slameto.2010.Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suarjana & Japa.2015.Buku Ajar Pendidikan Matematika I.Singaraja: Unversitas Pendidikan Ganesha.

Sulistyowati, D. Anggraeni.2013.”Hubungan Antara Bakat Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika”.Universitas Muhammadiyah Surakarta.di akses tanggal 16 Januari 2018.

Susanto, Ahmad.2015.Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wahab, Rohmalina.2015.Psikologi Belajar.Jakarta :PT Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.