HUBUNGAN KUALITAS PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK

I Gede Nuarta

Abstract


Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan expost facto.  Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh guru yang ada di TK Negeri Desa Joanyar yang berjumlah 4 orang. Teknik sampling yang dipergunakan dalam penentuan sampel adalah Proportional Random Sampling. Proporsional yang dimaksud adalah pengambilan sampel sesuai dengan proporsi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu 1) kompetensi pedagogik guru-guru di TK Negeri Desa Joanyar. Data kompetensi pedagogik dikumpulkan menggunakan kuesioner, data pengelolaan pembelajaran guru-guru menggunakan tes observasi dan data kualitas pengawasan kepala sekolah dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Terdapat hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kualitas pengawasan oleh kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik pada Guru di TK Negeri Desa Joanyar. Kontribusi kualitas pengawasan oleh kepala sekolahterhadap terhadap kompetensi pedagogik guru secara langsung dan tidak langsung sebesar 87,2%.

 

Kata kunci: Kualitas Pengawasan, Kompetensi Pedagogik


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ridwan & Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Benham, H. C. (2002). Training effectiveness, online delivery and the influence of learning style. Paper presented at the 2002 ACM SIGCPR Conference on Computing Personal Research, Kristiansand, Norway.

Borg, Walter R. and Meredih D. Gall. 1989. EducationResearch. New York: Longham.

Borg, Walter R. and Meredih D. Gall. 2003. Education Research an Introduction. New York: Von Hoffman Press, Inc.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.

Candiasa, I.M. 2004. Analisis BUTIR Disertai Aplikasi dengan ITEMAN, BIGSTEPS dan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.

Candiasa, I.M. 2007. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk dengan SPSS. Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman. 2001. Cara Pengujian Alat Ukur. Singaraja: IKIP Singaraja.

Dantes, Nyoman. 2008.Supervisi Akademik dalam Kaitannya Dengan Penjaminan Mutu Pendidikan (Makalah).

Fitriani, Cut, Murniati AR, Nasir Usman. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTS Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Vol. 5 No. 2 Hal. 88-95. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8246.

Goll, Meredith D., Jayce P. Gall, Walter R. Borg. 2003. Educational Reseach. Boston: Longman, Pearson.

Gregory, Robet J. 2000. Psychological Testing (History Principles, and Applications). Bonston : Allyn and Bacon.

Guilford. 1959. Fundamental Statistics in psychology and Education: Third Edition. Tokyo: Kogakusha Company, Ltd.

Habibullah, Achmad. 2012. Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasi Volume 10, Nomor 3, Hal. 362-377. Tersedia Pada : https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/169.

Hamzah B.Uno & Kudrat Umar, Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran “Sebuah Konsep Pembelajarn Berbasis Kecerdasan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Honey dan Mumford (1992) Honey, P., & Mumford, A. (1992). The Manual of Learning Styles (3rd ed.).Maidenhead, UK: Peters Honey.

James, W. B., & Blank, W. E. (1993). Review and critique of available learningstyle instruments for adults. In D. Flannery (Ed.), Applying cognitive learning styles San Francisco: Jossey-Bass.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

McLoughlin, C. (1999). The implications of research literature on learning styles for the design of instructional material. Australian Journal of Educational Technology, 15(3).

Ridwan, dan Akdon. 2006. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santyasa, I W. 2009. Metode penelitian tindakan kelas, pengembangan, korelasional, kausal komparatif, dan eksperimen. Makalah. Disajikan dalam Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida Klungkung, tanggal 30 November s.d 1 Desember 2007, Nusa Penida, Klungkung.

Sumarna Surapranata. 2006. Analisis Validitas, Reabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susilowati, Indah, Himawan Arif Sutanto, Reni Daharti. 2013. Strategi Peningkatan Kompetensi Guru dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Journal of Economics and Policy Vol. 6 No. 1 Hal. 80-92. Tersedia Pada : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak/article/view/3750.

Sutrisno,Hadi. 1996. Metodologi Research IV. Andi Offset: Yogyakarta.

Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran “Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar”. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahidmurni, Alfin Mustikawan, Ali Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.