UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Ni Nyoman Srinadi TK Negeri Pembina Kecamatan Banjar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19183

Abstract

Pembangunan bangsa dan negara dewasa ini diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas itu melalui pendidikan sebagai instrumen untuk mengembangkan potensi dan kompetensi dalam rangka pengembangan sumber daya manusia tersebut. Kompetensi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh kompetensi mereka tetapi juga kompetensi semua yang terkait dalam mengatur semua sumber daya yang tersedia. Penelitian ini berfokus pada kompetensi guru dalam proses belajar mengajar yang menekankan pada prestasi guru dalam melangsungkan kegiatan tersebut. Peran serta dan upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan kompetensi gurupun sangat berpengaruh. Dewasa ini, kinerja guru menunjukkan bahwa dalam melakukan proses belajar mengajar diawali dengan membuat rencana pembelajaran dan diakhiri dengan mengimplementasikannya ke para siswa-siswa, dan juga prestasi guru dalam melakukan proses belajar mengajar adalah bagaimana cara guru tersebut dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang menyenangkan dan lingkungan sekolah yang kondusif. Guru belum optimal dalam tugasnya baik dalam mengembangkan kemampuannya, ssosial maupun kepribadiannya.

Kata kunci: kompetensi guru, sumber daya, berkualitas

References

Achmad, S. Ruky. 2006. “Sistem Manajemen Kenerja”, PT. Gramedia Pustaka. Jakarta. Aditama

Avalos, B. (2011). Teacher professional developmentin Teaching and Teacher Education over ten years. Teaching and Teacher Education, 27, 10-20.

Depdikbud. (1994). Manajemen Sekolah Dasar, Pegangan Utama Bagi Pendidik danPengajar (Kepala SD, Calon Guru SD, dan Pejabat Pengelola SD). Jakarta: CV Inti Buku Utama Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2008. Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. 2009. Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta.

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan, dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan Bandung: Pustaka Setia.

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

E. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang di Sempurnakan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Kuka Udin, 2017. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 10 Kota Ternate. EDUKASI - Jurnal Pendidikan Vol. 15 No.1 Januari 2017

Markos, S., & Sridevi, M. S. (2010). Employee Engagement: The Key to Improving Performance. International Journal of Busniness and Management, 5(12). Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nadeem, & et.al. (2011). Teacher’s Competencies andFactors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science 2 (19), 218.

Nawawi, H. Hadari. 1983. Metode Penelitian Deskriptif. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Stoops, E. dan Johnson, E.R. 1977. Elementary School Administration. New York: Mc Graw-Hill Book Company

Sudarsono, Fx. 2001. Aplikasi Tindakan Kelas. Jakarta: DIKTI

Sukarni Ani. 2014. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di Sd Negeri Alun-Alun Kabupaten Subang Tahun 2014. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol. 3 No 2 September 2017

Sutomo. 2017. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di UPT SDN Petahunan I Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2015/2016. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 3, Nomor 1, Desember 2017

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Srinadi, N. N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 172–182. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19183