PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Authors

  • I Gusti Putu Yulianingsih SMP Negeri 3 Sawan, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19189

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani mata pelajaran penjasorkes melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXA6 SMP Negeri 3 Sawan, berjumlah 32 orang dengan rincian 15 putra dan 17 putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil belajar kebugaran jasmani setelah diberi tindakan pada tiap siklus terjadi peningkatan yang sangat signifikan dilihat ketuntasan pada siklus pertama sebesar 71.9% dan pada siklus ke dua sebesar 90.6 %. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar kebugaran jasmani mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada semester genap Siswa kelas IXA6 SMP Negeri 3 Sawan Tahun pelajaran 2015/2016 meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD). Disarankan kepada guru penjasorkes menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam proses pembelajaran, karena terbukti efektif meningkatkan hasil belajar kebugaran jasmani siswa.

Kata kunci: Model Pembelajaran, STAD, Hasil Belajar, Kebugaran Jasmani

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Isjoni . 2007. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Juraini, Muhammad Taufik, I Wayan Gunada. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume II No 2 Hal. 80-85. Tersedia Pada : http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/293/0.

Kanca, I Nyoman. 2006. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Laa, Neli, Hendri Winata, Rini Intansari Meilani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No. 2 Hal. 139-148. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Syarifuddin. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 3. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beronrientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muhamad,Hamid.2014. Panduan Penilaian Pendapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama.Jakarta:Kemendibud.

Nikmah, Erlita Hidaya, Achmad Fatchan, Yuswanti Ariani Wirahayu. 2016. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Geografi Vol. 3 No. 3 Hal. 1-17. Tersedia Pada : http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Undiksha.

Koyan, I Wayan. Statistik Pendidikan. Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Koyan, I Wayan. 2012. Evaluasi Program Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Koyan, I Wayan. Statistik Terapan (Teknik Analisa Data Kuantitatif). Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Merta,I Wayan, dkk. (2014). “ Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together NHT)”. Kerta Mandala, Volume 6, Edisi Khusus. (hlm. 159-177).

Roji. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas IX Semester Genap. Jakarta:Kemendikbud.

Roji. 2014. Buku Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas IX Semester Genap. Jakarta:Kemendikbud.

Sriundy,Mahardika, I Made. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabay:Unesa University Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: alfabet.

Sugiyono, 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharto. 2000. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Suhardi,Didik. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta:Kemendibud.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Yulianingsih, I. G. P. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 204–215. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19189