Pengaruh Model Pembelajaran Children's Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Putu Enik Abdi Budiningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26964

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Children’s Learning In Science  berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment  dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasinya ialah seluruh kelas IV SD Gugus I Mengwi sebanyak 6 kelas, 182 siswa. Selanjutnya diambil dua sampel untuk perlakuan melalui Random Sampling . Dua SD yang terpilih ialah kelas IV SD No. 1 Pererenan sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 orang menerapkan model CLIS berbantuan media audio visual dan kelas IV SD No. 4 Cemagi sebgai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dengan metode tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 35 soal . Diperoleh rerata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen X̅ = 0,796 > X̅ = 0,536 rerata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol. Selanjutnya data diuji dengan t-test polled varian.  Terbukti dari nilai thitung = 3,561 > ttabel = 2,001 pada dk (31+30-2) = 59 dan taraf signifikansi  5% yang artinya H0 ditolak  dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan signifikan terhadap kedua kelompok sampel. Kesimpulannya penerapan model CLIS berbantuan media audio visual memberi pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun ajaran 2019/2020

 


 

Author Biographies

Ni Putu Enik Abdi Budiningsih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Ardana

Universitas Pendidikan Ganesha

References

ambarwati. (2016). Pengaruh Model Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Vi Sd. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Undiksha, 4, 1–10.

Ambarwati, K. N., Suarni, N. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Andyani, N., Sandono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(2), 161–175. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal Of Education Technology, 1(2), 124. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i2.11774 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Pt. Raja Grafindo Persada.

Asih, A., Fihrin, F., & Kendek, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 8 Palu. Jpft (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(3), 20. Https://Doi.Org/10.22487/J25805924.2014.V2.I3.4377 DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2014.v2.i3.4377

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V15i2.578 DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Astiti. (2017). Pengaruh Model Pebelajaran Children’s Learning In Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal Of Education Technology, 1. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744

Budiarto, F. (2015). Keefektifan Modelpembelajaran Clis (Children Learning In Science) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Journal Of Elementary Education, 4(4), 53–61.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen Dan Analisis Data. Pt. Raja Grafindo Persada.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, 1(1), 841–850. Https://Doi.Org/10.23819/Pi.V1i1.3576

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. Https://Doi.Org/10.25299/Al-Hikmah:Jaip.2017.Vol14(2).1027 DOI: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Ismail, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Sma. Jurnal Petik, 1(1), 19. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55 DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55

Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Yrama Widya.

Laili, Y. N., Mahardika, I. K., & Ghani, A. A. (2015). Pengaruh Model Children Learning in Science ( Clis ) Disertai Lks Berbasis Multirepresentasi Terhadap. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 171–175.

Lestari, A. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214.

https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225 DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132 DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132

Nurani, L. E., Sunarko, B., & Sahari, S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 20. 01(02).

Ramadhan, Wanjat Kastolani, E. N. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning in Science ( Clis ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xii Ips Iii Pada Materi Struktur. Antologi Pendidikan Geografi, 4(Volume 4, Nomor 2), 1–10.

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231 DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231

Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 06(01), 07. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231 DOI: https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p21-30

SETYO PUTRO, S. (2018). Implementasi Media Audiovisual (Video) Dan Media Gambar (Poster) Terhadap Hasil Belajar Shooting Bolabasket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 477–481.

SIDI, J., & MUKMINAN, M. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 53–72. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9903 DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9903

Simamora, R. H. (2019). PENGARUH PENYULUHAN IDENTIFIKASI PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN RAWAT INAP. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.841

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D). Alfabeta.

Suryani, N. A., Sakti, I., & Purwanto, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Clis (Children’s Learning In Science) Dengan Menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 113–116. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.113-116 DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.2.1.113-116

Taniady, V., Setiawan, I., & Waluya, B. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI (Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Kelas X SMA Labschool UPI Bandung). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 132. https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.5231 DOI: https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.5231

Usman, S. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2015). Metodelogi Pembelajaran IPA. Bhumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-17

How to Cite

Abdi Budiningsih, N. P. E., & Ardana, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26964

Issue

Section

Articles