Meta-Analisis Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis pada Mata Pembelajaran Tematik

Authors

  • Wahyu Susilowati Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28193

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik melalui model inquiry learning dengan cara menganalisis kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menulusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menulusuri jurnal elektronik melalui Google Cendikia dengan kata kunci “ Inqury learning”, “berpikir kritis”, “pembelajaran tematik”.  Peneliti memperoleh 20 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model inqury learning mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pembelajaran tematik dengan nilai terendah 3,99% sampai yang tertinggi 47,61% dengan nilai rata-rata 19,62%.

Kata Kunci: Inqury Learning, Berpikir Kritis ,Pembelajaran Tematik

 

References

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013.

Kurniasih, I & Sani, B. 2014. Sukses Mengimplemetasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Daryanto, Karim, S. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kindsvatter, R., W. Wile, and M. Ishler. 1996. Dynamic of Effective Teaching.London:Longman Publisher.

Wariyanti, A., Rusijono, & Nasution. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Surabaya: Jurnal Review Pendidikan Dasa : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1019-1024

Amelia,K., & Suhandi.A. 2020. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Salatiga: Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Suhada,Hidayati.2017. Model Pembelajaran Inquiry Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata PelajaranIPA. Tanggerang: Jurnal Pendidikan Dasar.

Wijayanti,E., & Endang,I. 2020. Perbedaan Efekivitas Model Inquiry learning Dengan Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. Salatiga: Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Kencana,F.F., Firosalia,K.,& Indri,A. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Salatiga: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Indriyani, D., Mawardi.,& Krisma, W.W.2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Salatiga: Jurnal Basicedu. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67

Khoiriyah,I.Z., Silviana,N.F.,& Minahul, M. 2019. Efektivitas Metode Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Tema Energi dan Perubahannya.Lamongan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.204

Pratiwi,E.D., & Mawardi. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Salatiga: Jurnal Basicedu. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345

Lastriningsih.L.2017. Peningkatan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inquiry pada Siswa Kelas IV SD. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasia. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7714

Pratiwi,C.O.,Atep,S.,& Asep, K.J. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Sumedang:Jurnal Pena Ilmiah.

Hendrawati,R.,Henny,D.K.,& Elvira, H.R.2019. Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas 5 SDN Cebongan 01 Salatiga Semester II Tahun 2018/2019.Salatiga: Jurnal Basicedu.

Susilowati,R.,& Wahyudi.2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Salatiga: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6084

Subiono,J. & Wasitohadi. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD. Salatiga: Jurnal Karya Pendidikan Matematika.

Trisnayanti,K.D.,&Agung,S.A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bernuansa Outdoor Study Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V.Singaraja: e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Hardini,A.T.H.2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Siswa. Salatiga: Scholaria.

Anggraini,E.A.,&Gamaliel,S.A. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Pada Muatan Pembelajaran Ipabagi Siswa Kelas 5 SD. Salatiga: Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.344

Raharjo, P.B.,& Indri,A. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Inquiry Pada Mata Pelajaran Ipa. Salatiga: e-jurnal mitra pendidikan. Murtika, R.W.2019. Peningkatan hasil belajar IPA dan berpikir kritis siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual model Inkuiri. Salatiga: Journal Of Education Action Research.

Saputro,B.C.2017. Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inquiry Pada Kelas V semester II SD Negeri Sumogawe 04. Salatiga: Jurnal Mitra Pendidikan.

Dewi, M.P.2017. Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui metode Inqury Pada Siswa Kelas V SD. Salatiga:Mimbar Sekolah Dasar. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.6346

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Susilowati, W. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis pada Mata Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 211–216. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28193

Issue

Section

Articles