Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis

Authors

  • Dinda Putri Prameswari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Theresia Sri Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana menentukan model pembelajaran cooperatif learning yang tepat bagi siswa. Hal ini dapat ditinjau dari dua model yang diajukan yaitu make a match dan numbered head together. Kedua model diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar melalui berbagai hasil penelitian sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta analisis. Teknik pengumpulan data dengan observasi dilakukan menggunakan jurnal penelitian terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji Uji hipotesis dilakukan dengan analisis deskriptif uji beda rata-rata t-test. Hasil penelitian tentang efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan numbered head together dengan kajian meta – analisis tidak diperoleh perbedaan signifikan dengan nilai Sig. > 0.05. Pembelajaran yang diterapkan kepada siswa menggunakan model make a match dan numbered head together memiliki tingkat keberhasilan yang sama. Peneliti menyarankan untuk mengembangkan evaluasi meta analisis dengan berbagai pendekatan model yang lebih variatif. Secara umum penerapan model pembelajaran tipe make a match dan numbered head together relatif memiliki tingkat keberhasilan yang sama sehingga pelaksanaan di kelas dapat diterapkan dengan maksimal.

Kata Kunci: Make a Match, Numbered Head Together, Meta – Analisis.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351

Ananda, R. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Handayani, 7(1), 46–57. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v7i1.6574

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. DIVA Press.

Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p028 DOI: https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p028

Febriana, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Siswa Kelas V Sdn Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang, 1(Februari), 151–161.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Ibrahim, M. (2010). Pembelajaran Inkuiri. Rineka Cipta.

Kesumaningrum, C. N., & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dan Ekspositori Pada Konsep Energi. Jpsd, 2(2).

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep &. Penerapan. Kata Pena.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., Jayadinata, A. K., & Kunci, K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya, 1(1), 331–340. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3039 DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210

Nurhidayah, R. S., Kurnia, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya., 2051–2060. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12421

Pratiwi, R. H. (2018). Metode Pembelajaran “Make A Match” Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(1), 37. https://doi.org/10.25273/florea.v5i1.2291 DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v5i1.2291

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 135–139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.34 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.131

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered head Together ( NHT ) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 33–42. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006

Zahroul, C., & Windy, F. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Dalam Pembelajaran Ips Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi. Jurnal Pedagogi, 1, 39–46.

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta – Analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244

Issue

Section

Articles