Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Busungbiu

Authors

  • Ni Luh Casmini SMA Negeri 2 Busungbiu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Busungbiu tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Busungbiu tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data motivasi berlajar yang dikumpulkan dengan observasi dan pemberian angket, sedangkan hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase motivasi siswa yang berada pada katagori tinggi yaitu 58,62% pada siklus I meningkat menjadi 95,55% pada siklus II, sedangkan untuk hasil belajar ketuntasan secara klasikal juga meningkat yaitu 68,96% pada siklus I meningkat menjadi 86,21% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan sudah dicapai.

References

Agus Supriyono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi

Aksara.

Arifin, Budi. 2013. Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran

IPA tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Wahid Hasyim Tahun Pelajaran

/2013. UINSUKA. Tersedia pada http://digilib.uin-suka.ac.id

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi

Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip – prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Pipi Indra. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Mind Mapping untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Singaraja: Undiksha.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Casmini, N. L. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Busungbiu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 193–201. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28245

Issue

Section

Articles