Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Putu Gede Oki Artawan, Nyoman Kusmariyatni, Dw. Ny. Sudana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-t independent. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 18,04>15,23. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh thitung = 2,533 dan ttabel = 2,0 (thitung > ttabel) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.


Full Text:

PDF

References


Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 103. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1020

Finch, S., & Gordon, I. (2013). Probability and statistics: Random sampling. 6, 10, 12.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Pendekatan Konsep Dan Pendekatan Lingkungan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Ikm, P., & Ugm, F. K. (2011). Penelitian Eksperimen Penelitian Eksperimen. 1–38.

Irwan, F., Hadi, K., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Torso Pada Materi Sistem Pernafasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Pante Ceureumen Kec Pante Ceureumen. VII(1), 75–78.

Kanna, R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia, 6(4.1), 1–8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/11960/8532

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1).

Mutmainna, M., & Jafar, A. F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 46–51.

Pamungkas, G. H., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Ipa Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 3(1), 43–46. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.64

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Putra, I. D. G. W., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087

Ratnasari, R. Y., & Erman. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Materi Zat Aditif Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. E-Jurnal Pensa, 5(3), 325–329.

Widiadnyana, I., Sadia, M., & Suastra, M. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456

Article Metrics

Abstract view : 1932 times
PDF file view : 840 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.