Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Kelas I SD

Authors

  • Aji Kartiko Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29468

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca peserta didik di sekolah dasar disebabkan karena guru menganggap peserta didik sudah mampu membaca serta cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang inovatif. Hal ini dapat dilihat dari kenyataannya yang ada di lapangan dimana hanya 6 dari 28 peserta didik kelas I yang mampu membaca. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui keefektifan model Think Pair Share berbantu media kartu gambar terhadap kemampuan membaca kelas I SD. Berdasarkan tujuan tersebut jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design, dengan jumlah populasi sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-T, sehingga berdasarkan hasilnya awal mula hanya 6 peserta didik yang mampu membaca dengan rata-rata kelas 43,4 menjadi 21 peserta didik yang mampu membaca dengan rata-rata 77,3. Dibuktikan dari hasil Thitung sebesar 12,146 dan Ttabel sebesar 1,673 membuktikan bahwa Thitung > Ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media gambar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2). https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Agustini, N. L. E., Agung, A. A. G., & Suarni, N. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok a Tk Kumara Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iva Sd Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Dewi, C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02). https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.280

Dewi, Q. E., Sulasmono, B. S., & Setyaningsih, E. W. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Bangun Kreasi Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 313–319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.8

Dewi, S. M. (2017). Pengruh Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa. Educational Psychology Journal, 2(2), 65–72. https://doi.org/DOI:

Drs. I Ketut Dibia, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 36–43.

Fallis, A. . (2013). Peran Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah Dalam Pendidikan Karakter. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Faqih, A. (2019). Model Think Pair Share: Apakah Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 40. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1229

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal Empowerment, 6(1), 19–24.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Di Kelas IV Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.

Isrok’atun, R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074

Kurniawanti, R. (2013). Membaca , Kecepatan Membaca, Pemahaman Bacaan, Kemampuan Membaca Siswa Kelas XII SMA di Surabaya . Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2–9(1), 1.

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7, 301–320.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7297

Puspita, P. M., Wirya, I. N., & Antara, P. A. (2016). DI TK Catur Paramita Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Rahayu, A., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Di Smk Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3), 991–999.

Rahman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Rakimahwati, Yetti, R., & Ismet, S. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–11. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292

Sari, N. P. A., Kristiantari, M. G. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi sebagai Budaya Sekolah terhadap Pengusaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. E-Journal PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10761

Wulandari, R., & Widodo, T. (2015). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 1083–1092.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Kartiko, A., Listyarini, I., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 548–556. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29468