Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Putu Gede Giri Elma Jaya, I G. A. Agung Sri Asri

Abstract


Permasalahan di lapangan masih terdapat siswa yang kurang menjalin hubungan yang baik antar sesama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses belajar mengajar yang kurangnya interaksi antar sesama, sehingga dalam proses pembelajaran masih kurang efektif. Hal ini disebabkan karena peserta didik masih kurang percaya diri, sehingga interaksi antar teman sebayanya masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model problem based learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan pengundian pada kelas yang setara. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda biasa, dan data dianalisis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning Berorientasi. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD.


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. . (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agus Jana Susila, G. P., & Suarmanayasa, I. N. (2017). Pengembangan Strategi Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Proceeding TEAM, 2, 858. https://doi.org/10.23887/team.vol2.2017.221

Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar PGSD, 5(2).

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891

Brother, L., & Lynch, M. (2015). Kearifan Lokal Tri Hita Karana Dalam Program Corporate Social Responsibility. 1215–1227.

Damayanti, I., & Mintohari. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Efendi, D. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Ernawati, F., Hendracipta, N., & Nurhasanah, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery Dan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Jpsd, 2(2), 205–214. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/470726

Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education.

Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300

Muharram, Lodang, H., Nurhayati, & Tanrere, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan Di Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.

Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624

Saputra, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Make A Match Di SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 148. https://doi.org/10.29210/120200

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 Creating The Effective And The Quality Of The Learning. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i1.34

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892

Taung, R., & Tangkas, I. M. (2014). Penerapan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 1–11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817

Wulandari, E., Budi, H. S., & Suryandari, K. C. (2012). Penerapan Model Pbl ( Problem Based Learning ) Pada. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29698

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF file view : 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.