Pengembangan Media Pembelajaran Kobela Tema Daerah Tempat Tinggalku

Authors

  • Puji Lestari Universitas PGRI Semarang Indonesia
  • Intan Rahmawati Universitas PGRI Semarang Indonesia
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29723

Abstract

Minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran disebabkan karena terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran kobela tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pada kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE, dengan jumlah sampel sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes berupa angket dan observasi (wawancara). Teknik analisis data yang digunakan Teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil kelayakan media pembelajaran kobela dapat dilihat dari rata-rata hasil angket validasi media yang menunjukkan persentase sebesar 88,75% dan hasil angket validasi materi sebesar 90% yang berarti “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan media dapat dilihat dari angket tanggapan pendidik yang menunjukkan persentase sebesar 98,3% dan hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 97,89% yang berarti “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media kobela layak, valid, dan praktis digunakan dalam pembelajaran tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 1 lingkungan tempat tinggalku kelas IV Sekolah Dasar.

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Darmono, A. (2013). Manajemen Pendidikan Dasar Menurut Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia Al. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fadiana, M., & Citra Dewi Rosalina. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940

Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Diva Press.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif : Wawancara Terhadap Elit. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i2.501

Maharani, yuli sintya. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8683

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Nurmarina, A., Wakhyudin, H., & Priyanto, W. (2019). Pengembangan Media Kotak Cilukba Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Kelas I SD. Jurnal Sinektik, 1(2), 139. https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2799

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(9), 884–893.

Santoso, M., & ‘Ulum, M. H. (2015). Korelasi Penggunaan Media, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. Jurnal Cendikia, 9(2), 149–158. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i2.36

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.

Tamtanus, A. S. (2020). Metode Wawancara Dalam Pemahaman Mata Ajar Nasionalisme. Untirta Civic Education Journal, 5(1), 32–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v5i1.8243

Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1344–1350. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10073

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189–200.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Lestari, P., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kobela Tema Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 527–534. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29723