Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Luh Saka Nirmala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Rendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29965

Abstract

Penelitian ini didasari karena siswa masih kurang disiplin dalam belajar, seperti siswa berbicara dengan teman sebangku saat guru memaparkan materi di kelas. Hal membuat membuat terhambatnya prestasi belajarnya. Karena sikap disiplin sangat penting dimiliiki siswa, karena dengan siswa memiliki sikap disiplin dalam belajar yang tinggi, maka siswa akan memiliki prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Siswa Kelas V. Jenis dari penelitian in adalah Ex Post Facto. Besar populasi siswa Kelas V dalam penelitian ini adalah 176 siswa, sedangkan untuk jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 144 siswa. Data yang di ambil untuk sikap disiplin belajar adalah kuesioner, sedangkan data yang di ambil untuk prestasi belajar adalah pencatatan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif. Dari hasil penelitian terdapat korelasi antara disiplin belajar dengan prestasi belajar Siswa, dengan koefesienan korelasi rxy hitung 0.89 > r tabel 0.138, yang artinya bahwa terdapat korelasi yang positif dengan kategori hubungan yang sangat kuat dan nilai arah koefisensi regresi dinyatakan bernilai positif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi disiplin belajar dengan prestasi belajar Siswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini, dapat dijadikan sebagai acuan dalam menambah pengetahuan tentang hubungan disiplin belajar dengan dengan prestasi belajar siswa.

Author Biographies

Luh Saka Nirmala Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ndara Tanggu Rendra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adib, F., & Santoso, B. (2016). Upaya Penigkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3388

Akbar, R. O., & Cuyatno, C. C. (2016). Pengaruh Motivasi Bimbingan Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier (Di Kelas Xii Ipa SMA Negeri 5 Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching. https://doi.org/10.24235/eduma.v1i1.275

Aminuddin, M. (2020). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan.

Anggraini, D., & Sulastri, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Journal of Accounting and Business Education. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i2.6017

Anggreani, R. A. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi Smk Palebon Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal.

Aslianda, Z., Israwati, & Nurhaidah. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ayatullah Muhammadin Al Fath. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan, Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 19 Banda Aceh. Visipena Journal. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.344

Diatmika, I. G. N., Sujana, I. W., & Putra, M. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499

Drs. I Ketut Dibia, S. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Sd Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. MIMBAR PGSD Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2312

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131

Hindiarti, Y. (2018). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi D-Iii Kebidanan Semester Ii Universitas Respati Yogyakarta Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi. https://doi.org/10.36465/jkbth.v17i2.263

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

I Komang Sudarma, S. (2013). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. MIMBAR PGSD Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jurnal pendidikan ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449

Lomu, L., & Widodo, sri adi. (2018a). pengertian prestasi belajar. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018b). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Melvin, T., & Surdin. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Mulyasih, P. S. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi. Economic Education Analysis Journal.

Oktaviantoro, R. I. (2019). Hubungan Motivasi Dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.16362

Prasojo, R. J. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas ( Improving Students ’ Learning Discipline through Classroom Management ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Soefandi, Indra dan Pramudya, Ahmad. 2009. Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Sumadi, Khosmas, F. Y., & Achmadi. (2015). Pengaruh disiplin sekolah terhadap prestasi belajar siswa pelajaran ekonomi di man 2 filial. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017). Jurnal Mandiri. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i2.19

Tego Saputro, S. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Singgih Tego Saputro & Pardiman Halaman.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Geamedia Widiasarana.

Wahyuni, D., Wati, M., & Ely, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di smk negeri 1 saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiatmoko Andi. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Diklat Mengelola Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran Smk Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal.

Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Zainidar Aslianda, Israwati, N. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh Zainidar Aslianda, Israwati, Nurhaidah. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Dewi, L. S. N., Rendra, N. T., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 427–433. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29965