Instrumen Penilaian untuk Mengukur Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Lidyaa Widhaningsih Univeritas Kristen Satya Wacana
  • Mawardi Mawardi Univeritas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.34931

Abstract

Kurikulum 2013 adalah  kurikulum baru yang masih digunakan hingga saat ini. Dalam kurikulum ini penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.. penilaian sikap menjadi salah satu komponen penilaian yang penting dan harus dilakukan, akan tetapi penilaian yang dilakukan dirasa masih kurang, di zaman modern dan semakin pesatnya perkembangan teknologi semakin banyak anak-anak yang kurang memiliki sikap dislipin di sekolah maupun dirumah serta di sekolah masih banyak guru yang melakukan penilaian sikap hanya berdasarkan dari pengamatannya saja. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrumen penilaian sikap untuk menilai sikap disiplin siswa kelas 2 SD. Pengembangan instrumen ini menggunakan skala Likert. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian pengembangan R&D. Instrumen sikap sudah melalui tahap uji validitas beberapa ahli, yaitu ahli penilaian, ahli bahasa, dan ahli pembelajaran. Uji validitas bahasa mendapatkan skor 75% sehingga masuk dalam kategori tinggi, uji validitas dari ahli penilaian sikap mendapat skor 80% sehingga masuk dalam kategori tinggi, uji validitas dari ahli pembelajaran mendapatkan skor 74,94% sehingga masuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu maka instrumen skala sikap unuk menilai sikap disiplin siswa kelas 2 SD ini layak untuk digunakan, serta dengan pemilhan instrumen penilain untuk mengukur sikap disiplin yang tepat dapat berpegaruh signifikan terhadap sikap disiplin siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dapat memfasilitasi guru dan siswa dalam mengukur kemampuan afektif khususnya sikap disiplin agar tujuan pendidikan lebih mudah tercapai.

References

Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801

Amma, T., As, E., Syaikhoni, Y., & Karakter, I. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. QUDWATUNA, 3(2), 101–123. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99.

Andriani, A., Dewi, I., & Sagala, P. N. (2019). Development of blended learning media using the mentimeter application to improve mathematics creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012112. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012112

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosialpembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hanida, Neviyarni, & Fahrudin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurna Basicedu, 3(2), 716 – 724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.60

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350

Irwan, A., Arsyad, M., & Arafah, K. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 168 – 175. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.763. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.763

Jiemsak, N., & Jiemsak, R. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online self-assessment of undergraduate students to improve students’ learning outcomes. 2020 5th International STEM Education Conference, ISTEM-Ed 2020, 1567(2), 51–54. https://doi.org/10.1109/iSTEM-Ed50324.2020.9332675. DOI: https://doi.org/10.1109/iSTEM-Ed50324.2020.9332675

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Nufus, S. H., Gani, A., & Suhendrayatna, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51. http://202.4.186.66/JPSI/article/view/8406.

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903. DOI: https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Prasetya, T. I. (2012). Meningkkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-guru IPA SMP N Kota Malang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(2).

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123 – 142. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/330/230. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan bahan ajar dan instrumen penilaian IPA tema Indahnya Negeriku penyempurnaan buku guru dan siswa kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697

Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 194 – 199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendididkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, I. (2016). Pengembangan instrumen penilaian sikap ilmiah pada pembelajaran dengan model latihan penelitian di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 217–227. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5152.

Utami, D. A. P., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 20(2), 1–18. https://doi.org/10.12345/lentera.v12i2.463.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016a). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016b). Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi Self Assessment, dan Peer Assessment pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD N Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 45 – 51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Downloads

Published

2021-07-19

How to Cite

Widhaningsih, L., & Mawardi, M. (2021). Instrumen Penilaian untuk Mengukur Sikap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.34931

Issue

Section

Articles