PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 TANGLAD TAHUN PELAJARAN 2020/2021

I Gede Mudiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint pada siswa kelas III SD Negeri 3 Tanglad tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tanglad dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 5 orang dan siswa perempuan terdiri dari 7 orang siswa. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai 67,5% dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,33%. Mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase rata-rata hasil belajar 88,33% dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 3 Tanglad.

References


Agung, A.A Gede. 2010. Konsep dan Tehnik Analisis Data Penelitian Tindakan

Kelas. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP IKIP Negeri Singaraja.

Andayani.2010. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi.2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Damyati M.dkk (1991) Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta:Depertemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

FKIP TIM TAP (2007) Panduan Tugas Akhir Program. Jakarta:Universitas Terbuka.

IGAK Wardani.dkk.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Kemmis S dan R Mc Tanggart.(1982) The Action Reaceach Planner Victori Deakin

Universitas.

Marhaeni. 2012. Landasan Dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan

Ganesha.

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta

:KencanaPerdana Media Grup.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya :

Bandung.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Purwokerto: Insan

Cendekia.

Wardani.IGK.2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta. : Universitas Terbu




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36096

Article Metrics

Abstract view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha

Creative Commons License


Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.