Dampak Model Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38287

Keywords:

Model Bermain Peran, PPKn.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar PPKn kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Design. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 20 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,85>rtabel 0,361 maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Lhitung pretest kelas kontrol (0,081<0,161) pretest eksperimen (0,130<0,161) dan untuk posttest kelas kontrol (0,106<0,161) posttest eksperimen (0,156<0,161) maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung Fhitung Pretest (1,17 < 1,86) dan Fhitung Posttest (1,20 < 1,86) maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung = 3,368 dengan dk = 58, sedangkan Ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 58 ialah sebesar 1,672. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa Thitung > Ttabel (3,368 > 1,672) maka artinya adalah H0 (hipotesis nol) ditolak dan H1 (hipotesis kerja) diterima. Hal ini dapat disimpulkan dan dinyatakan bahwa adanya pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan model role playing terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar.

References

Adibah, I. Z. (2016). Pendidikan Multikultural sebagai Wahana Pembentukan Karakter. Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas & Berakhlak Mulia, 4(2). https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/42.

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://www.neliti.com/publications/278080/peningkatan-pembelajaran-pkn-dengan-penerapan-metode-role-playing-siswa-kelas-ii. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24

Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468.

Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 567–575. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575

Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721. DOI: https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721

Haryanti, Y. D. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Inside-Outside Circle. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.337

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519–526. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308

Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444

Kumape, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Todulako Online, 4(4). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/6131.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194. DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Mariana. (2019). Peningkatan Pembelajaran PPKN Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Muka Blang. Jurnal Sains Riset, 9(1), 29–42. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/48. DOI: https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.48

Merera, R. E., Sumartini, S., & Susilo, S. V. (2019). Penggunaan Model Sosiodrama Dalam Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 397–403. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/57.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., & Fachrozi, I. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Deepublish.

Nisa, A. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–9. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/370. DOI: https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i1.3023

Novita, K. (2019). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Melalui Metode Presentasi Dan Role Playing Miss Universe Asean (Studi Kasus Materi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 9(02), 23–30. http://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/172.

Nugroho, J. S., Mahfud, H., & Karsono. (2017). Penerapan Model Means Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(4).

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

Pitriah, S., & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 283–290. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/566. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.566

Prasetyo, A., & Santoso, D. A. A. (2018). Pengaruh Teknik Bermain Peran terhadap Keterampilan Berbicara. DEIKSIS, 10(02), 85–91. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/2375. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2375

Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.31949%2Fjcp.v1i1.347.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutianah, C. (2020). Pengembangan Karakter Kebangsaan Dan Karakter Wirausaha Melalui Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF-6M). Penerbit Qiara Media.

Sutiyono, S. (2018). Reformulasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Menguatkan Nasionalisme Warga Negara Muda Di Wilayah Perbatasan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824

Utama, W. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Swasta di Jakarta Selatan). Deiksis, 9(02), 247. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1512. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1512

Wibowo, N. A. K., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 46–54. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/Advice/article/view/289. DOI: https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.289

Widnyana, I. G., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13894

Widyanti, A., Dharsana, I. K., & Suarn, N. K. (2019). Efektivitas Konseling Kognitif Sosial Teknik Bermain Peran untuk Meningkatkan Self Afiliasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jibk.v10i2.23284. DOI: https://doi.org/10.23887/jibk.v10i1.22214

Yusuf, M., Tarjiah, I., & Satibi, O. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 124–132. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/660.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Fitriani, D., & Nurafni, N. (2021). Dampak Model Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 492–499. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38287

Issue

Section

Articles