Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring

Authors

  • Aretsa Zana Ayunda Universitas Ahmad Dahlan
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Nawal El Zuhby Universitas Ahmad Dahlan
  • Santi Mahmuda Urbaningkrum Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810

Keywords:

Pandemi, Kinerja, dan Pembelajaran Daring

Abstract

Masa pandemi yang terjadi saat ini memberikan pengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan. Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan usaha untuk tetap melaksanakan pembelajaran maka sistem pembelajaran normal dialihkan menjadi pembelajaran daring. Adanya pandemi menyebabkan kinerja guru menurin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja guru di masa pandemi dengan sistem daring. Jenis penelitaian ini menggunakan metode penelitian literatur atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru memiliki beberapa faktor penunjang dalam meningkatkannya yaitu motivasi pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya, pemahaman dan penguasaan materi pendidik, pembuatan metode dan strategi yang kreatif dan tepat, dan lain sebagainya. Dalam meningkatkan kinerja guru pasti ada hambatan-hambatan yang terjadi apalagi pada masa pandemi dan dengan sistem daring. Hambatan-hambatan yang terjadi berada diseputar penyedian sarana dan prasarana, penerapan metode dan strategi, dan monitoring peserta didik. Dalam mengatasi hambatan- hambatan yang terjadi diperlukan strategi penyelesaiannya. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan profesionalisme guru, mengadakan pelatiahan-pelatihan atau webinar untuk guru, memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia dengan semaksimal mungkin, dan memotivasi guru agar semangat dalam meningkatkan kinerja nya. Implikasi penelitian ini guru dapat meningkatkan kinerja selama pembelajaran daring.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Asmalah, L. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(1), 55–74. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v2i1.1935. DOI: https://doi.org/10.32493/JJSDM.v2i1.1935

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 16–26. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2708

Emda, A. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113. DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Gunawan, I. (2015). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program Yang Ditawarkan Oleh Kepala Sekolah? Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Berbasis Karya Ilmiah, 1(1), 305-312.

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293–314. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.55

Harahap, S. A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Haslina, M., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh sertifikasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1802–1811. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628

Hastuti, N. (2016). George Terry, Prinsip – Prinsip Manajemen , (Jakarta : Bumi Aksara, 1996), hal 131 13. NLD Hastuti, 13–53.

Hatmo, S. H. D. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4222.

Immah, F., Sukidin, S., & Kartini, T. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 253. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12493. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12493

Jamie, A. H. (2020). Hand Washing Practices among Health Care Workers in Jugal Hospital, Harar, Ethiopia, 2020: In the Era of Corona Virus: Observational Study. Journal of Antivirals & Antiretrovirals Researc, 12, 5–9. https://doi.org/10.35248/1948-5964.20.12.197.

Kolta, M. F., & Ghonimy, M. B. I. (2020). COVID-19 variant radiological findings with high lightening other coronavirus family (SARS and MERS) findings: radiological impact and findings spectrum of corona virus (COVID-19) with comparison to SARS and MERS. Egyptian Journal of Radiology and Nuclear Medicine, 51(1). https://doi.org/10.1186/s43055-020-00262-7. DOI: https://doi.org/10.1186/s43055-020-00262-7

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905 – 1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1), 243106.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.53

Marroquín, B., Vine, V., & Morgan, R. (2020). Mental health during the COVID-19 pandemic: Effects of stay-at-home policies, social distancing behavior, and social resources. Psychiatry Research, 293(July), 113419. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419. DOI: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113419

Mastura dan Rustan Santaria. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8.

Nengrum, T. A. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92–100. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Puspitasari, Y., Tobari, & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 88–99. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Sopandi, A. (2019). Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070.

Sudaryati. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran Berbasis Digitas (Daring) Melalui Supervisi Klinis di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 156–191. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.241.

Supriadi, I., & sari, W. P. (2020). Pemanfaatan Media Berbagi dalam Jaringan (Daring) untuk Meningkatkan Kinerja Guru SDN 033 Asmi Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 2(1), 38–43. DOI: https://doi.org/10.36555/tribhakti.v2i1.1420

Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Talevi, D., Socci, V., Carai, M., Carnaghi, G., Faleri, S., Trebbi, E., Bernardo, A. D. I., Capelli, F., & Pacitti, F. (2020). Mental health outcomes of the CoViD-19 pandemic Gli esiti di salute mentale della pandemia di CoViD-19. Riv Psichiatr, 55(3), 137–144. https://doi.org/10.1708/3382.33569.

Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940.

utami hesty, R., indiworo ervina, H., & Cahyaningrum, A. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD Dikota Blora Selama Pandemi Covid-19. JurnalBingkai Ekonomi, 6(2), 1–11.

Utami, R. H., Indiworo, R. H. E., & Cahyaningrum, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SD Di Kota Blora Selama Pandemi Covid 19. JBE Jurnal Bingkai Ekonomi, 6(2), 1–11. DOI: https://doi.org/10.54066/jbe.v6i2.98

Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019

Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424. DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.40424

Wachidah, N. (2019). Pengaruh Sikap Inovatif , Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(1), 57–63.

Yastiari, I. D. M. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru-Guru Dalam Membuat Evaluasi Proses Pembelajaran Secara Daring Melalui Penerapan Pendekatan Ilmiah Dengan Supervisi Pengajaran. 1(3), 208–214.

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid 19). Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020. DOI: https://doi.org/10.30604/well.95212020

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Ayunda, A. Z., Salsabila, U. H., Zuhby, N. E., & Urbaningkrum, S. M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 429–436. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810

Issue

Section

Articles