Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Melalui Metode Team quiz berbantuan Media Konkret ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Authors

  • Rita Nurdianti Universitas Terbuka, Bogor, Indonesia
  • C. Rudy Prihantoro Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Ishaq Nuryadin Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40034

Keywords:

Team Quiz, Konkrit, Literasi Matematik

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Kemampuan-kemampuan yang mendasari literasi matematis masih rendah dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis metode Team quiz dengan media konkrit dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan literasi matematik siswa SD. Jenis penelitian ini merupakan jenis quasi eksperimen. Desain penelitian yang dilakukan adalah treatment by level. Teknik pengambilan sampel untuk responden dilakukan teknik probability sampling probability sampling dengan jenis sample random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IV B SD sebanyak 64 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes literasi matematik soal essay. Analisis data dengan menggunakan ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil-hasil kemampuan literasi matematik siswa menggunakan metode Team quiz dengan media konkrit berbeda dengan kemampuan literasi matematik siswa yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Kemampuan literasi matematik siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi berbeda dengan siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah. Maka, metode team quiz berbantuan media konkret ditinjau dari kemampuan awal matematika.

Author Biographies

Rita Nurdianti, Universitas Terbuka, Bogor, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

C. Rudy Prihantoro, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

Ishaq Nuryadin, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar,

References

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018a). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21–25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519.

Buyung, & Nirawati, R. (2018b). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 21 – 25. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.519

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 45–56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10621.

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms Jurnal

Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014

Fajriyah, E. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Double Loop Problem Solving Berpendekatan RME-PISA. Universitas Negeri Semarang.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Ginanjar, A. Y., & Akmal, R. (2020). Efektivitas Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 5(1), 239 – 246. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.655. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.655

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148– 160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513

Indriani, A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2418

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17 – 27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Kusuma, B. J., Wardono, & Winarti, E. R. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Pembelajaran Realistik Berbantuan Edmodo. UNNES Journal Of Mathematics Education, 5(3), 199 – 206. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12015.

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–141. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379. DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Nurbani, & Sofyan, H. (2015). Efektivitas metode pembelajaran quiz team pada matakuliah logika komputer ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 261 – 272. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6424. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6424

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Agustin, F. R., Hudriyah, H., Muassomah, M., & Mustofa, S. (2021). Education Reconstruction: A Collaboration Of Quiz Team And Kahoot Methods In Learning Arabic. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 22(2), 93–106. https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436. DOI: https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and 2 what they can do with what they know. OECD.

Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473–480. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28642

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727

Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640

Raisal, A. Y., & Suwondo, N. (2018). Effectiveness Of Active Learning Method Quiz Team Type On Student Learning Outcomes In Subject Ohm Law In SMA Negeri 1 Pundong. Indonesian Review of Physics, 1(2), 33–36. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.716. DOI: https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.716

Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dengan Media Lkpd Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas Viii-B Mts Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving student’s mathematical problem solving skills through Quizizz. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 276–288. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696. DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696

Suastika, I. K., & Amaylyla. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Sumantri, M. S., & Pratiwi, N. (2015). The Effect of Learning Media and Types of Personality on Elementary Student’s Mathematic Performance. American Journal of Educational Research, 3(3), 276–281. https://doi.org/10.12691/education-3-3-4.

Unaenah, E., Setyadi, arif rahman, Sari, putri widiya, El-Abida, S. F., Agustina, N., Fauziah, S., & Leonardho, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Waktu, Panjang Dan Berat Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 192–201.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Wahyuni, S., Isnarto, & Wuryanto. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas-Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Nurdianti, R., Prihantoro, C. R., & Nuryadin, I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Melalui Metode Team quiz berbantuan Media Konkret ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 457–466. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40034

Issue

Section

Articles