Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • Rizka Amini Simamora Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat Indonesia
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.43688

Keywords:

Media Interaktif, Lectora Inspire, IDI, Materi Jaringan Hewan

Abstract

Pada kurikulum 2013, peserta didik didorong agar berperan aktif pada saat pembelajaran. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa media yang digunakan guru masih kurang menarik bagi peserta didik. Pembelajaran selama ini menekankan pada penyampaian materi secara lisan, sehingga suasana belajar di kelas cenderung kurang aktif. Akibatnya, peserta didik merasa bosan dan kesulitan dalam menerima materi pelajaran biologi, salah satunya pada materi jaringan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire tentang materi jaringan hewan yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen biologi, satu orang guru dan 30 orang peserta didik kelas XI. Objek penelitian adalah media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire tentang materi jaringan hewan untuk peserta didik kelas XI SMA. Data penelitian adalah data validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata validitas yaitu 94,6% dengan kriteria sangat valid dan hasil rata-rata praktikalitas yaitu 91,1% oleh guru dan 90,3% oleh peserta didik, keduanya dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire tentang materi jaringan hewan pada peserta didik kelas XI SMA yang sangat valid dan sangat praktis.

Author Biographies

Rizka Amini Simamora, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat Indonesia

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Relsas Yogica, Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat Indonesia

Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Arif, M. F., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 329–335. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p329.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, Rahmi Wardah Khairiah, R. W., & Permana, H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana sebagai Sumber Belajar Authors. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta Didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93–97. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article.

Fitri, R., & Yogica, R. (2018). Validitas Game Edukasi Klasifikasi Tumbuhan Berbasis Permainan Koa sebagai Media Pembelajaran Biologi. Pedagogi Hayati, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.725. DOI: https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.725

Hakim, N., Hamidah, A., & Gusliani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 pada Materi Mamalia untuk Siswa Kelas X SMA. Al-Jahiz : Journal of Biology Education Research, 1(1), 23–33. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2081. DOI: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2081

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631.

Hasan, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 219–223. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/ 19505.

Hidayat, C. (2020). Pengembangan Materi Ajar Komponen Elektronika Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 96–103. https://doi.org/doi.org/10.24036/tip.v13i1. DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.299

Ilmi, S., & Trimulyono, G. (2018). Kelayakan Buku Ajar Berbasis Aktivitas untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Fungi Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 555–562. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28901.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628. DOI: https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349. DOI: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18 DOI: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Neni, I., & Dewi, H. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062 DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762 DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258 DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258

Purwanto, H., Aminah, S., Ramadhani, W., & Azim, F. (2020). Penerepan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 151. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9355 DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9355

Putry, H. M. E., ’Adila, V. N., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video Based Learning sebagai Tren Media Pembelajaran di Era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3870 DOI: https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3870

Rahmawati, N. D., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Laporan Harga Pokok. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 107–114. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/view/ 19081/14228 DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.19081

Rifa, H. M., Aldriani, S. N. F., Febyana, C., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813 DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Ristiani, siti mayyuthi, & Yono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30–40. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.613 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.613

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1926

Saputra, G. Y., Harjanto, A., & Ningsih, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 10–24. https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67 DOI: https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304 DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Triyanti, M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(2), 9. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148 DOI: https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121 DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409 DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239–246. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.87

Zamrodah, Y. (2017). Revitalisasi Profesi Guru Pendidikan Agama Islam di Era Industri 4.0. Jurnal Lentera, 15(2), 1–23. http://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/319

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Simamora, R. A., & Yogica, R. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire tentang Materi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 125–133. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.43688

Issue

Section

Articles