Kreativitas Mengajar Guru dalam Melaksanakan Virtual Learning pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Yohanes Krisostomus Jaya Jawa Kongregasi Para Misionaris Claretian (CMF)
  • Suciati Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44415

Keywords:

Kreativitas Guru, Pembelajaran Virtual, Covid-19

Abstract

Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi virtual menjadi tantang tersendiri bagi guru untuk mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kreativitas mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis virtual learning serta faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat kreativitas guru melaksanakan  pembelajaran virtual berbasis virtual learning pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau case study. Penelitian ini menggunakan sepuluh indikator dan sembilan informan dengan pendekatan studi kasus. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposis sedangkan data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi, meneliti responden, dan membandingkan dengan peneliti sebelumnya. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mempraktikkan metode mengajar yang kreatif dalam pembelajaran virtual. Hasil penelitian juga menemukan faktor-faktor yang mendukung dan faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru dalam proses pembelajaran virtual selama pandemi Covid-19.

References

Abidah, A., Hidaayatullah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid- 19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38 – 49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). The Influence of Physical Distance to Student Anxiety on COVID-19, Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.141.

Arham, S. (2019). Ketersediaan Sarana dan Prasarana terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 3 Makassar. Celebes Education Review, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.37541/ cer.v1i1.256. DOI: https://doi.org/10.37541/cer.v1i1.256

Asakir, I., & Mahmudah, F. N. (2022). Kreativitas dan Inisiatif Guru dalam Pengemban gan Mutu Pembelajaran Online. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 31–40. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1541

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Harpeni, A., Dewantara1, B., A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah : Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71 – 81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Jumani. (2021). Meningkatkan Kreativitas dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi COVID-19 . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 416–429. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.116. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i3.116

Khikmah, N., Lovia, L. N., Zahro, F., & Azizah, F. N. (2021). Pemanfaatan Google Classroom dalam Praktik Microteaching Pembelajaran Fiqih MI bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.466.

Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran. v4i2.1199. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108 – 116. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online), 2(1), 50–59.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Putri, R. S., & Purwanto, D. (2020). Impact of The COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International ,. Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahmawati, I. Y., & Yuliati, B. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39.

Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Resti, K. Y., & Alizamar. (2019). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safitri, K. (2020). Pengembangan Kartu Kata (Flash Card) Bahasa Arab Berbasis Kosakata bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida ’ Iyah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 2, 272–283.

Seftiarani, R., Sofia, A., Anggraini, G. F., & Sabdaningtyas, L. (2018). Kreativitas Guru dan Kompetensi Pedagogik di PAUD Kecamatan Penengahan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Sholeh, A. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 1743–1753. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1022

Suhendra, Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568

Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting dan Google Classroom dalam Mata Kuliah Inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54.

Sukitman, Trizid, A. (2020). Peran Guru pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional (pp. 91–95).

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415. DOI: https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2. DOI: https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2

Widiastuti, Y. K. W., Rasmani, U. E. E., & Wahyuningsih, S. (2020). Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi, 9(2), 117–132. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23. DOI: https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v9i2.23

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Jawa, Y. K. J., & Suciati. (2022). Kreativitas Mengajar Guru dalam Melaksanakan Virtual Learning pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 134–146. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44415

Issue

Section

Articles