Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA

Authors

  • Ni Luh Gede Karang Widiastuti Dwijendra University
  • Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Dwijendra University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530

Keywords:

LKPD, Kontekstual, IPA

Abstract

Kurangnya LKPD yang mampu mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemanfaatan LKPD pendukung masih kurang karena hanya menggunakan dari LKPD pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan LKPD berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA kelas V SD, khususnya pada tema 5 subtema 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDEI. Subjek penelitian terdiri atas 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli bahasa, serta pengguna yang terdiri atas 28 orang peserta didik dan 2 orang guru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode nontes, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan skor rata-rata sebesar 89,1 %. Uji respon guru dan siswa terhadap penggunaan LKPD memperoleh skor 88,3% dan 87,55%. Simpulan penelitian ini adalah LKPD berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa memahami materi dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

References

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2). https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4421 DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4421

Anjelina Putri, A. A., Swatra, Ign. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika , 12(2), 47–62.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1). https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477 DOI: https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., & Festiyed. (2018). Development of adaptive Contextual Teaching Model of Integrated Science to Improve Digital Age Literacy on Grade VIII Students. Journal of Physics: Conference Series, 1116(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/3/032004 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1116/3/032004

Azmarita, T., Helmi, H., & Azis, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Luar Kelas Berbasis Kontekstual untuk Memingkatkan Literasi Sains XI MIPA SMAN 8 Maros. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(1). https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9410 DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9410

Damanik, M. R., & Setiawan, D. (2016). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Karakter pada Ranah Keterampilan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2). https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5150 DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5150

Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An Ethnoscience Study in Chemistry Learning to Develop Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855 DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Dikta, P. G. A., Lasmawan, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Tri Hita Karana pada Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.514 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.514

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna untuk Anak Usia Dini. Jurnal Imajinasi Seni Dan Pendidikan Seni, 2(2). https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553 DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Hendawi, M., & Nosair, M. R. (2020). Students’ Technological Awareness at the College of Education, Qatar University. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(4). https://doi.org/10.18844/cjes.v15i4.5057 DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v15i4.5057

Hidayat, W., & Andriani, A. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2). https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24922 DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24922

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. In Ghala Indonesia.

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478 DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Juniati, Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segi Empat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02).

Kidd, D., Miner, J., Schein, M., Blauw, M., & Allen, D. (2020). Ethics Across the Curriculum: Detecting and Describing Emergent Trends in Ethics Education. Studies in Educational Evaluation, 67. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100914 DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100914

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Miftakhurrohmah, M., & Nisa, A. F. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik IPA Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8146 DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8146

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805 DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Nuryani, L., & Abadi, I. G. S. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Oktaviani, W., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.320 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.320

Pramaditya, N, D., & Ambarwati, R. (2021). Validitas dan Kepraktisan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. BioEdu: Berskala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1). DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p158-164

Pratama, Y., Caswita, & Dhlan, S. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2), 1–13.

Qomariyah, N., & Rohayati, S. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Administrasi Pajak Berbasis Kontekstual pada Materi Pajak Pertambahan Nilai Di Kelas XII SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) .

Rahman, I. N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2).

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Alfabeta, Bandung.

Rizki, D. A. A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual untuk Kelas III SDN 9 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 312–322.

Sarminah, S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Negeri 004 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5079 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5079

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.21009/jps.091.01 DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Syarifah, M. N., & Iswari, R. S. (2021). Development of CTL-Approached Students Activity Worksheet in Environmental Change Learning Material to Increase Students’ Learning Outcome. Journal of Biology Education, 10(1), 42–51.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2). https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26436

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435–445. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Wijayanti, N. P. A., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning (Placeholder1) pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2). https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8526 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8526

Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926 DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Zakaria, A. A. W., Abdurrahman, & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5).

Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855

Zuliani, D., Florentinus, S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation Sejarah Artikel, 46(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Downloads

Published

2022-04-19

How to Cite

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147–160. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530

Issue

Section

Articles