Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Pengelolaan Berbasis Sekolah guna Menghasilkan Keproduktifan Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46346Keywords:
Kepemimpinan, Pengelolaan, Keproduktifan, GuruAbstract
Persoalan yang ditemui pada pengelolaan pembelajaran masa ini yaitu persoalan keproduktifan kerja guru yang masih rendah. Rendahnya keproduktifan pekerjaan guru dianggap sebagai dampak dari belum maksimalnya pola kepemimpinan di sekolah, sehingga manajemen berbasis sekolah belum optimal. Kepemimpinan kepala sekolah tidak berlangsung optimal dikarenakan belum maksimalnya pemberdayaan staf. Dalam hal ini masih kurang pendekatan dan terlalu menuntut disiplin yang kuat terhadap guru yang tidak disiplin menjalankan tugas dan fungsinya akan tetapi bersikap kaku dari bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen berbasis sekolah dalam menciptakan keproduktifan kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik deskriptif survei. Subjek yang terlibat sebagai informan dalam penelitian ini berjumlah 94 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi lapangan dengan pengamatan langsung dan menyebarkan beberapa angket. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan proses interval successive method dan selanjutnya diuji dengan memakai analysis path model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh penting terhadap pengelolaan berbasis sekolah dalam menciptakan keproduktifan kerja guru. Dapat disimpulkan bahwa keproduktifan pekerjaan guru dapat meningkat apabila didukung oleh pola kepemimpinan dan manajerial kepala sekolah yang efektif.
References
Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1196. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1196
Anshori, A. H. (2016). Pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah dalam Kepemimpinan Sekolah/Madrasah Efektif. Tarbawi, 2(1), 23–38. https://media.neliti.com/media/publications/publications/256502-pentingnya-manajemen-berbasis-sekolahmad-38a3d9aa.pdf.
Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16
Arief, M. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SD Negeri 0102 Barumun. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594
Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65–70. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538
Ginanjar, A., & Herman, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2942.
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1. DOI: https://doi.org/10.56358/japb.v2i1.70
Mayasari, N., & Sulfemi, W. B. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019
Mentari, K. S. (2020). Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320
Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i7.1313
Opradesman, Tampubolon, H., & Sihotang, H. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 73–92. https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2967. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v8i1.2967
Puspita, D. G., & Andriani, D. E. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1893. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1734
Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy
Sastrawan, K. B. (2019). Pengambilan Keputusan yang Efektif dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Purwadita, 3(1), 19–31.
Setiawan, M. R., Sudrajat, A., & Tedjawiani, I. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1335–1346. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.553
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461
Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.169-178.2020. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.169-178.2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mohamad Ridwan Rifai, Andhika Lungguh Perceka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.