Penumbuhan Literasi Lingkungan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.47385Keywords:
Literasi Lingkungan, Siswa SDAbstract
Pengembangan dan penumbuhan literasi lingkungan pada siswa SD memerlukan komitmen dan dukungan berbagai pihak. Komitmen dan dukungan untuk penumbuhan literasi lingkungan sangat diperlukan baik dari kepala sekolah, guru, orang tua, masyarakat sekitar, dan pihak-pihak terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis-jenis program penumbuhan literasi lingkungan siswa, kendala implementasi penumbuhan literasi lingkungan, dan usaha menanganinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data deskriptif kualitatif mengadaptasi dari Becker dan Geer melalui:membandingkan data yang diperoleh dari responden; mencocokkan tanggapan yang diberikan dalam wawancara; menganalisis perbedaan data, memperhatikan frekuensi kemunculan data dari responden; merakit dan merepresentasi berbagai data yang diperoleh secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan antara lain: berbagai program penumbuhan literasi lingkungan antara lain: eco activity, program lingkungan, empowerment of waste, gardening, dan out door learning (ODL); kendala penumbuhan literasi lingkungan siswa antara lain: keterbatasan waktu; kurangnya sarana dan prasarana; kurang siapnya civitas sekolah; dan kesenjangan pemahaman dalam penumbuhan literasi lingkungan pada peserta didik dan kebermanfaatanya. Upaya mengatasi kendala-kendala tersebut melalui pemanfaatan waktu luang siswa, usaha kreatif guru memanfaatkan alat dan bahan di lingkungan sekitar, kolaborasi dengan green books, dan kerja sama yang melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaan program khususnya sukarelawan (volunteer).
References
Aeni, E. S. (2020). Belajar Literasi Lingkungan dari Jepang dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(1). https://doi.org/10.22460/as.v5i1.7879.
Astari & Nurlaela. (2020). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 1(3), 761–769. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243.
Attamimi, H. ., Lestari, Y., Ernawati, R., & Sari, A. (2021). Penerapan Edukasi Literasi Lingkungan dalam Upaya Mengurangi Kecenderungan Adiksi Gawai pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD It Insan Qurani Sumbawa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4), 619–626. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/330.
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584. DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584
Daniyarti, W. D. (2022). Pendidikan Literasi Lingkungan sebagai Penunjang Pendidikan Akhlak Lingkungan. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.43. DOI: https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.43
Hanafi, Y., Aprilia, N., Nurusman, A. A., Purwanto, A., Nadiroh, N., & Budi, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604 Analisis. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604
Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14
Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Web-Lembar Kerja Siswa IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25402. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25402
Idrus, S. W. Al, & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Awal Literasi Lingkungan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Lingkungan. Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.36088/anwarul.v1i1.222.
Kaya, V. H., & Elster, D. (2019). A Critical Consideration of Environmental Literacy: Concepts, Contexts, and Competencies. Sustainability (Switzerland), 11(6). https:// doi.org/10.3390/su11061581. DOI: https://doi.org/10.3390/su11061581
Kurniati, A., Dike, D., & Parida, L. (2021). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243. DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Kusumaningrum, D., & Muslihasari, A. (2020). Pengembangan Environmental Literacy Instrument Ranah Kognitif untuk Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Malang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 45–51. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2204. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2204
Kusumaningrum, D., & Tanti, Y. I. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan Siswa Kelas V SDN 5 Babadan Kecamatan Ngajum. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 73–92. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.97. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.97
Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1048. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1048
Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2021). Pelatihan Literasi Lingkungan dan Pengolahan Sampah Plastik untuk Kerajinan di SDN Krawitan Yogyakarta. At-Thullab Jurnal, 4(1), 373–382. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/18099.
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Oktrisma, Y. oktrisma. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Bahan Ajar Terintegrasi Pendidikan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.108694.
Patrisiana, P., Dike, D., & Wibowo, D. C. (2020). Pelaksanaan Literasi Lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Jurnal Pekan : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 195–208. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939. DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Pursitasari, I. D., Nugraha, F., & Permanasari, A. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272. DOI: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 186. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369
Supriyanto, A. (2020). Model Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p17-23. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i1p17-23
Syamsiah, S., Arsal, A. F., & Arifin, A. N. (2021). Analisis Hubungan antara Respon dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(12). https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021. DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021
Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(1), 10–20. https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.694. DOI: https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.694
Yusup, F. (2021). Profil Literasi Lingkungan Mahasiswa Calon Guru IPA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 128. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10098. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10098
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Putu Oktap Indrawan, Agil Lepiyanto, Ni Wayan Mega Juniari, I Nyoman Intaran, Anak Agung Istri Raka Sri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.