Penumbuhan Literasi Lingkungan di Sekolah Dasar

Authors

  • I Putu Oktap Indrawan Politeknik Ganesha Guru
  • Agil Lepiyanto Universitas Negeri Malang
  • Ni Wayan Mega Juniari SD Saraswati Sukawati
  • I Nyoman Intaran SD Saraswati Sukawati
  • Anak Agung Istri Raka Sri SD Saraswati Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.47385

Keywords:

Literasi Lingkungan, Siswa SD

Abstract

Pengembangan dan penumbuhan literasi lingkungan pada siswa SD memerlukan komitmen dan dukungan berbagai pihak. Komitmen dan dukungan untuk penumbuhan literasi lingkungan sangat diperlukan baik dari kepala sekolah, guru, orang tua, masyarakat sekitar, dan pihak-pihak terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis-jenis program penumbuhan literasi lingkungan siswa, kendala implementasi penumbuhan literasi lingkungan, dan usaha menanganinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data deskriptif kualitatif mengadaptasi dari Becker dan Geer melalui:membandingkan data yang diperoleh dari responden; mencocokkan tanggapan yang diberikan dalam wawancara; menganalisis perbedaan data, memperhatikan frekuensi kemunculan data dari responden; merakit dan merepresentasi berbagai data yang diperoleh secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan antara lain: berbagai program penumbuhan literasi lingkungan antara lain: eco activity, program lingkungan, empowerment of waste, gardening, dan out door learning (ODL); kendala penumbuhan literasi lingkungan siswa antara lain: keterbatasan waktu; kurangnya sarana dan prasarana; kurang siapnya civitas sekolah; dan kesenjangan pemahaman dalam penumbuhan literasi lingkungan pada peserta didik dan kebermanfaatanya. Upaya mengatasi kendala-kendala tersebut melalui pemanfaatan waktu luang siswa, usaha kreatif guru memanfaatkan alat dan bahan di lingkungan sekitar, kolaborasi dengan  green books, dan kerja sama yang melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaan program khususnya sukarelawan (volunteer).

References

Aeni, E. S. (2020). Belajar Literasi Lingkungan dari Jepang dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19. Abdimas Siliwangi, 5(1). https://doi.org/10.22460/as.v5i1.7879.

Astari & Nurlaela. (2020). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 1(3), 761–769. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243.

Attamimi, H. ., Lestari, Y., Ernawati, R., & Sari, A. (2021). Penerapan Edukasi Literasi Lingkungan dalam Upaya Mengurangi Kecenderungan Adiksi Gawai pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD It Insan Qurani Sumbawa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(4), 619–626. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/330.

Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584. DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v6i1.1584

Daniyarti, W. D. (2022). Pendidikan Literasi Lingkungan sebagai Penunjang Pendidikan Akhlak Lingkungan. Tamaddun Journal of Islamic Studies, 1(2), 89–101. https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.43. DOI: https://doi.org/10.55657/tajis.v1i2.43

Hanafi, Y., Aprilia, N., Nurusman, A. A., Purwanto, A., Nadiroh, N., & Budi, S. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Literasi Lingkungan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604 Analisis. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/604

Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14

Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Web-Lembar Kerja Siswa IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25402. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.25402

Idrus, S. W. Al, & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Awal Literasi Lingkungan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Lingkungan. Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.36088/anwarul.v1i1.222.

Kaya, V. H., & Elster, D. (2019). A Critical Consideration of Environmental Literacy: Concepts, Contexts, and Competencies. Sustainability (Switzerland), 11(6). https:// doi.org/10.3390/su11061581. DOI: https://doi.org/10.3390/su11061581

Kurniati, A., Dike, D., & Parida, L. (2021). Pengembangan Literasi Lingkungan untuk Membangun Sekolah Sehat dan Hijau di SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Jurnal Abdidas, 2(2), 223–230. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243. DOI: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.243

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Kusumaningrum, D., & Muslihasari, A. (2020). Pengembangan Environmental Literacy Instrument Ranah Kognitif untuk Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Malang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 45–51. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2204. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2204

Kusumaningrum, D., & Tanti, Y. I. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan Siswa Kelas V SDN 5 Babadan Kecamatan Ngajum. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 73–92. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.97. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v5i1.97

Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1048. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1048

Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2021). Pelatihan Literasi Lingkungan dan Pengolahan Sampah Plastik untuk Kerajinan di SDN Krawitan Yogyakarta. At-Thullab Jurnal, 4(1), 373–382. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/18099.

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Oktrisma, Y. oktrisma. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Bahan Ajar Terintegrasi Pendidikan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2). https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.108694.

Patrisiana, P., Dike, D., & Wibowo, D. C. (2020). Pelaksanaan Literasi Lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Jurnal Pekan : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 195–208. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939. DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.939

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Pursitasari, I. D., Nugraha, F., & Permanasari, A. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744

Purwanto, A. J. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272. DOI: https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976–1982. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1976-1982

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 186. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369

Supriyanto, A. (2020). Model Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p17-23. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i1p17-23

Syamsiah, S., Arsal, A. F., & Arifin, A. N. (2021). Analisis Hubungan antara Respon dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(12). https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021. DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat102263692021

Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(1), 10–20. https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.694. DOI: https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.694

Yusup, F. (2021). Profil Literasi Lingkungan Mahasiswa Calon Guru IPA. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 128. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10098. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10098

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Indrawan, I. P. O., Lepiyanto, A. ., Juniari, N. W. M. ., Intaran, I. N. ., & Sri, A. A. I. R. . (2022). Penumbuhan Literasi Lingkungan di Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.47385

Issue

Section

Articles