E-Modul Berbasis Nearpod pada Materi PPKn Kelas 2 Tema Hidup Rukun

Authors

  • Tris Munandar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mubarak Ahmad Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48503

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Nearpod, PPKn

Abstract

Kurang optimalnya pemanfaatan media dalam pembelajaran dan terbatasnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran mengakibatkan menurunnya motivasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Hal dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-modul berbasis nearpod dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kelayakan dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian menunjukkan bahwa skor validasi berdasarkan penilaian ahli media sebesar 81,33% dengan kriteria sangat layak dan skor validasi berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 92,77% dengan kriteria sangat layak. Pengujian pemahaman siswa menunjukkan bahwa produk e-modul berbasis nearpod memperoleh skor 95,41% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasi nearpod sangat layak dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan antusias siswa pada pembelajaran daring maupun tatap muka.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 279–289. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Artha, R. S., Suryana, D., & Mayar, F. (2020). E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 341–351. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12

Djannah, M., Zulherman, & Nurafni. (2021). Kahoot Application for Elementary School Students: Implementations of Learning Process from Distance during Pandemic period of COVID 19. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012121

Faradisa, A. R., Fianti, S. I., Cristyanty, V., Yusuf, S. M., & Cahyani, V. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1(1), 106–116.

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/IJCET.V9I1.35592.

Fitriani, N. M. A., & Negara, I. G. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 82. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31989

Hakami, M. (2020). Using Nearpod as A Tool to Promote Active Learning in Higher Education in a BYOD Learning Environment. Journal of Education and Learning, 9(1), 119–126. https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119

Halloran, M. (2018). The Development and Integration of Nearpod Materials into a High School Biology Curriculum. Education and Human Development Master’s Theses, 1–62.

Herdyansyah, E., & Agung Anggana, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Adobe Captivate 9 pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Tav di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1), 77–83.

Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(01), 129. https://doi.org/https://jurnal.unived.ac.id /index.php/jmi/article/view/467. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Lathief Dwi Putra, M., & Nurafni, N. (2021). Bahan Ajar Media Aplikasi BAM” Math Genius” Berbasis Android pada Materi Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 358. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511

Lestari, H. Y. A., Riyadi, R., Kamsiyati, S., & Purnamasari, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Muatan Lokal Keanekaragaman Motif Batik Ngawi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 418–433. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.721. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.721

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Maulida, R. A. N., Kusumawati, I., & Wijaya, A. K. (2018). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada Materi Usaha dan Energi. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.332. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.332

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 99–104.

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pratiwi, M. S., Zulherman, & Amirullah, G. (2021). The Use of The Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “ Sistem Komputer ” untuk Siswa Kelas X Multimedia SML Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9880

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan KVISOFT FLIPBOOK MAKER. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(5), 2–3. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399

Susilawati, S., Pramusinta, P., & Saptaningrum, E. (2020). Penguasaan Konsep Siswa Melalui Sumber Belajar E-Modul Gerak Lurus dengan Software Flipbook Maker. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38279.

Syahrial, Arial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.9

Yoga Pradipta , Qoriati Mushafanah, F. R. (2017). Komik Profesi Tema 4 (Berbagai Pekerjaan) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017, 4, 130–141.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Munandar, T., & Ahmad, M. . (2022). E-Modul Berbasis Nearpod pada Materi PPKn Kelas 2 Tema Hidup Rukun . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48503

Issue

Section

Articles