Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

Authors

  • Nurhayati Universitas Alwashliyah/Medan, Indonesia
  • Diah Kusyani Universitas Alwashliyah/Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48519

Keywords:

Implementasi, Komunikasi Organisasi, Mutu Pembelajaran

Abstract

Kurangnya implementasi komunikasi organisasi yang efektif antara kepala sekolah dan para guru, staf, dan siswa berdampak pada mutu pembelajaran di sekolah/madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi komunikasi organisasi yang diterapkan antara kepala sekolah, guru, staf dan siswa di dalam peningkatan mutu pembelajaran, menganalisis faktor-faktor penghambat implementasi komunikasi organisasi, dan mengeksplorasi upaya dalam mengatasi hambatan implementasi kornunikasi organisasi dalam peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi komunikasi organisasi kepala sekolah di dalam kepemimpinannya belum lancar dan efektif. Kepala sekolah masih menerapkan sistem/pola benevolent otoritatif, komunikasi satu arah, sehingga tidak terjadi umpan balik. Kendalanya, kurang lamanya komunikasi tatap muka, ada rasa curiga dengan informasi yang diterima dan persepsi yang keliru dalam memandang implementasi komunikasi organisasi dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan kepala sekolah. Upaya yang dilakukan kepala sekolah, yaitu menyampaikan informasi yang sebenarnya secara transparan, membuka diri, mengikutsertakan bawahan di dalam mengambil kebijakan sekolah, dan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan profesinya. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa implementasi komunikasi organisasi belum merupakan komunikasi yang lancar dan efektif dalam peningkatan mutu pembelajaran.

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran Guru dan Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655. DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655

Alhabsyi, F., Pettalongi, S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898. DOI: https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898

Aprilia, C. A., Shofia, N. A., & Sari, W. N. (2021). Pentingnya Kontribusi Orang Tua terhadap Lembaga Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. J-CEKI: Jurnal Cendekia, 1(1), 20–30. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/J-CEKI/article/view/15%0A.

Aprilianto, N., Amadi, Solaeman, R., Utami, A. D., Rizkiyanti, A., Najah, K., Karimah, D. A., Hidayah, S. L., Anggraeni, L., Abdillah, Y. M. I., & Aziz, N. (2022). Peran Penting Pendidikan Formal dan Nonformal dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Sitiharjo pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2003–2005. https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1538.

Astuti. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79

Chrysoekamto, R., & Sholihah, A. (2021). Penerapan Manajemen Pengembangan Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Potensi Siswa di Madrasah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Darmawan, I. P. A., Sandi Untara, I. M. G., & Artiningsih, N. W. J. (2021). Pola Komunikasi Organisasi dalam Pengembangan Program Studi Filsafat Hindu STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 504–519. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1353. DOI: https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1353

Fatmawati, Z., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Komunikasi Kepala Sekolah dengan Warga Sekolah untuk Mewujudkan Visi dan Misi Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 198–205. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p198. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p198

Habibie, D. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Upaya Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 195–199. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.344

Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 43–60. https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672

Hanum, N. A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Pengembangan Kualitas Guru: Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 38–50. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p038. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p038

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal, 1(1), 119–125. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana terhadap Kepuasan Kerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4037. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4037

Nugroho, S. (2020). Kontribusi Komunikasi dan Keterampilan Manajemen Konflik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774

Nur, M. J., Ramli, M., Semmaila, B., & Nurlaelah. (2021). Implementasi Komunikasi Organisasi Pimpinan dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan di IAIN Bone. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i1.610.

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26. DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Ridho, mohammd ali. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 114. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Rozalina, R., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III. Journal of Education Research, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17

Sahputra, D. (2020). Manajemen Komunikasi Suatu Pendekatan Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.4069. DOI: https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.4069

Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131. DOI: https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131

Setyaningsih, K. (2019). Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-01. DOI: https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-01

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Siagian, H. M., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah SD Swasta. Jurnal Basicedu, 6(3), 3821–3829. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2747. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2747

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Sriwahyuni, E., Kristiawan, M., & Wachidi, W. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 21. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472

Suadnyana, I., & Yogiswari, K. S. (2020). Peranan Komunikasi Persuasif dalam Implementasi Ajaran Tri Hita Karana pada Sekaa Truna Truni. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 104–112. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/392.

Supartilah, S., & Pardimin, P. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892

Syafaruddin, S., Salim, S., & Pasaribu, Z. (2020). School Climate in Improving Conducive Learning Quality in MIN 2 Sibolga. Al-Ta Lim Journal, 27(3), 236–249. https://doi.org/10.15548/jt.v27i3.623. DOI: https://doi.org/10.15548/jt.v27i3.623

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Biaya Pendidikan terhadap Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Dampaknya dengan Kompetensi Lulusan SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.23758

Yulianti, Y., & Dekawati, I. (2018). Implementasi Pengelolaan Sarana dan Komunikasi Organisasi serta Kontribusinya terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Edum Journal, 1(2), 69–75. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.476. DOI: https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.11

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011. DOI: https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Nurhayati, & Diah Kusyani. (2022). Implementasi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48519

Issue

Section

Articles