Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kognitif Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IV SD

Authors

  • Ria Budi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50893

Keywords:

Metode Eksperimen, Kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Permasalahan mengenai kesulitan pembelajaran perlu ditemukan solusi yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai dengan mudah. Berdasarkan hasil survei TIMSS, kemampuan kognitif siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia menduduki peringkat 71 dari 80. Penerapan metode yang sesuai dengan karakter pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam perlu dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kognitif belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kuasi eskperimen tipe Nonequivalent Control Group Design dengan menerapkan observasi terhadap peningkatan kognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap kognitif belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV. Hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikasi yang diperoleh sebesar sig.2 tailed 0,584 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan metode eksperimen dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 33 , sedangkan dengan penggunan metode ceramah  dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 26.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. DOI: https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Atika, N., Nurhidayati, S., & Marzuki, I. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 04 Kopang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 10(1). https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v10i1.14428.

Azizah, E. N., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349

Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka dan Media Papan Flanel pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221. DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak suatu Benda. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7257.

Hastuti, E. S., & Hidayati. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Ditinjau terhadap Hasil Belajar IPA dari Kemampuan Komunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562. DOI: https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2562

Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. 272 Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271–284. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko. (2020). Kurniawan, O. E. P & Hariyoko. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sport Science and Health, 2(2), 114–118.

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128

Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190. DOI: https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190

Nasution, S. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa Kelas V, 7(1).

Nilayuniarti, N. P., & Putra, D. K. N. S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Mimbar PGSD, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.

Pujiawati, D. I. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Perkembangan Kognitif dan Sains Anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Educatioan and Human Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.85. DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.85

Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20. DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Sari, K., Syukri, M., & Halim, A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 51–55. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7680.

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313

Sayuti, T. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Kinerja Kependidikan, 3(2), 459–478. Retrieved from https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/57.

Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239. DOI: https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239

Susanti, D., & Apriani, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual pada Kelas IV MIN 1 Kota Padang. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(2), 27–37. https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i2.2325.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253

Tubaus Rahman. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Berhitung) pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Ria Budi Astuti, & Gamaliel Septian Airlanda. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Kognitif Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 353–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50893

Issue

Section

Articles