Media Pembelajaran Youtube Channel Riri Cerita Anak Interaktif untuk Pembelajaran Cerita Fantasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52828Keywords:
Kata Kunci: Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif”; cerita fantasi; YoutubeAbstract
Rendahnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ciri-ciri cerita fantasi dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif”, unsur-unsur cerita fantasi dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif”, relevansi video dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif” terhadap pembelajaran cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif”. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan kartu data serta dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ciri-ciri yang terdapat dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif” berupa keajaiban atau ketidakjelasan, ide cerita yang diangkat unik, latar belakang berbeda dengan jenis cerita lainnya, tokoh yang digunakan unik, mengandung fiksi, bahasa yang digunakan sangat berubah atau tidak baku; unsur-unsur yang terdapat dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif” berupa tema, amanat, tokoh dan penokohan, sudut pandang, konflik, nilai-nilai yang terkandung; terdapat relevansi video animasi dalam Youtube Channel “Riri Cerita Anak Interaktif” terhadap pembelajaran cerita fantasi.
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121
Agustin, M. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Anggraeni, S. W., Yayan, A., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah da. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Fitri, N. A., & Karlimah, K. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13196/8502.
Fridayanti, A. A. (2021). Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1). https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12950. DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12950
Friskawati, G. F., & Sobarna, A. (2019). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman Dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32453.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Hermawan, D. A. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jepang di SMAN 10 Malang Pada Masa Pandemi Covid-19. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 9(2), 76–86. https://doi.org/10.15294/chie.v9i2.45982. DOI: https://doi.org/10.15294/chie.v9i2.45982
Hidayati, N. I., Hidayat, M. T., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2021). Pengaruh Aplikasi Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4085–4092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1474. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1474
Humaidi, Qohar, A., & Rahardjo, S. (2022). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108. DOI: https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Iqbal, M., Latifah, S., & Irwandani, I. (2019). Pengembangan video blog (vlog) channel youtube dengan pendekatan stem sebagai media alternatif pembelajaran daring. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(2), 135–135. https://jurnal.balitbangda.lampungprov.go.id/index.php/jip/article/view/140. DOI: https://doi.org/10.35450/jip.v7i2.140
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353
Masnuna, M., Wardani, N. I. K., & Kadiasti, R. (2020). Desain Aplikasi SALIM sebagai Media Pembelajaran untuk Menanggulangi Tindakan Kenakalan Remaja. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3327. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3327
Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV. Jejak.
Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119
Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530.
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152–158. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628
Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2019). Peran Permainan Kartu Uno Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v9i2.6221.
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 137–154. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363. DOI: https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. DOI: https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638
Salsabila, U. H., Rahmanti, N., Kasanah, I. N., & Kurniawan, D. S. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92–114. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223. DOI: https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985
Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsapp dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Sidiq, R. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54,
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Suratun, Irwandani, & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602
Susanti, S. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu : Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2). https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/305/226.
Sutopo. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Agama Buddha Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Youtube. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(6), 1767–1772. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8583. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8583
Wedawati, P. A. G. (2022). Penggunaan media sosial youtube sebagai media pembelajaran daring pada ketrampilan mengekspresikan puisi bahasa Bali. IJED: Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566449.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498
Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290
Wulandari, E., & Nugroho, W. (2020). Students’ Attitude to Statistical Material Videos Used in Distance Learning on Youtube Social Media. Edumatica: JUrnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–9. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10584.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.